Share

5 Kampus dengan Perpustakaan Terbaik di Dunia, Ada yang untuk Mengenang Korban Titanic

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 15 April 2022 14:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 14 65 2578922 5-kampus-dengan-perpustakaan-terbaik-di-dunia-ada-yang-untuk-mengenang-korban-titanic-OOTUD3SWtz.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Setiap universitas memiliki fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Salah satu fasilitasnya ialah perpustakaan. Perpustakaan di tiap universitas biasanya memiliki banyak koleksi bacaan yang edukatif.

Keberadaan perpustakaan ini sangat dibutuhkan mahasiswa untuk menambah wawasan hingga mencari referensi dalam membuat laporan atau karya tulis. Berikut ini beberapa kampus di dunia yang memiliki perpustakaan terbaik.

• Perpustakaan Bodleian, Universitas Oxford

Universitas Oxford memiliki Perpustakaan Bodleian yang didirikan pada tahun 1602. Perpustakaan ini memiliki 13 juta koleksi dan menyimpan dokumen penting, seperti salinan Magna Carta, Alkitab Gutenberg, dan Folio Pertama Shakespeare.

Bodleian merupakan perpustakaan terbesar di Inggris. Koleksi dari perpustakaan ini juga tersedia dalam bentuk digital. Perpustakaan Bodleian dibuka setiap hari kecuali hari Natal, Tahun Baru dan Paskah.

• Perpustakaan Yale, Universitas Yale

Perpustakaan Yale didirikan pada 1701 dan memiliki 14,9 juta koleksi. Perpustakaan di Universitas Yale ini menjadi salah satu perpustakaan universitas terbesar di Amerika Utara. Selain buku, Perpustakaan Yale juga memiliki koleksi berupa arsip universitas.

Di dalam ruang pamerannya, terdapat karya-karya langka perpustakaan, salah satunya 48 eksemplar Alkitab Gutenberg. Perpustakaan yang berlangganan ratusan database penelitian ini dapat diakses oleh publik.

• Perpustakaan The Joe dan Rika Mansueto, Universitas Chicago

Perpustakaan The Joe dan Rika Mansueto merupakan perpustakaan Universitas Chicago yang modern. Hal ini terlihat dari adanya sistem pengambilan oleh robot, yang mengambil buku dan membawanya ke pustakawan.

Berbagai koleksi bacaan mulai dari jurnal, buku, surat kabar, hingga manuskrip tersedia di sini. Perpustakaan yang diresmikan pada akhir tahun 2011 ini memiliki desain yang megah karena terdiri dari ruang baca berkubah kaca. Dengan desainnya yang megah itu, perpustakaan ini menerima penghargaan arsitektur pada 2011 dalam ajang Distinguished Building Award.

• Perpustakaan Widener, Universitas Harvard

Perpustakaan Widener menjadi perpustakaan unggulan di Universitas Harvard. Perpustakaan ini merupakan hadiah dari Eleanor Elkins Widener untuk mengenang anaknya, Harry Elkins Widener, penumpang Titanic yang tewas.

Pada awalnya, koleksi perpustakaan yang dibuka pada 1915 ini sebanyak 3.300 koleksi. Namun lama kelamaan, jumlahnya bertambah. Kini perpustakaan itu sudah menampung sekitar 3,5 juta buku. Koleksi di Perpustakaan Widener ini antara lain sastra klasik, salinan Alkitab Gutenberg, serta penelitian-penelitian bidang humaniora dan ilmu sosial.

• Perpustakaan Giesel, Universitas California

Perpustakaan ini merupakan perpustakaan Universitas California yang didirikan pada tahun 1970 oleh William Preira. Gedung perpustakaan ini memiliki delapan lantai. Perpustakaan Giesel memiliki 7 juta koleksi cetak dan digital yang bertujuan untuk pendidikan dan penelitian universitas. Koleksi tersebut di antaranya buku, draf naskah, buku catatan, foto, video, dan memorabilia.

*Diolah dari berbagai sumber,

Maria Alexandra Fedho/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini