Share

Pandemi dan Gadget Bikin Perpustakaan Makin Sepi Pengunjung

Berrie Brima, iNews · Selasa 21 Desember 2021 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 21 65 2520473 pandemi-dan-gadget-bikin-perpustakaan-makin-serpi-pengunjung-YJ8l4XZW1U.jpg Perpustakaan. (Foto: Berrie Brima)

PRABUMULIH - Ernani Ningis, ibu rumah tangga warga Kota Prabumulih memanfaatkan waktu luang menunggu anak pulang sekolah dengan membaca buku di perpustakaan daerah yang berada di depan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Prabumulih.

Meski tak representatif dan terkesan tak terurus, ibu dua orang anak ini tetap asik membaca buku biologi agar dapat membantu belajar sang anak yang duduk bangku sekolah dasar.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Prabumulih Mulyadi Karoman mengatakan, penurunan kunjungan terjadi karena pandemi Covid-19 serta dampak pengunaan gadget di kalangan pelajar dan masyarakat.

Saat ini, upaya menumbuhkan minat baca di masyarakat dilakukan melalui pojok baca yang tersebar di beberapa instansi pemerintah. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan meminjamkan ratusan judul buku yang bisa dimanfaatkan warga di sela-sela menunggu antrean.

“Sejak dibentuk pada tahun 2010, saat ini Perpustakaan Kota Prabumulih memiliki 29 ribu judul buku,” ujar Mulyadi.

Beberapa pengunjung berharap agar Perpustakaan Kota Prabumulih dapat menyediakan buku sejarah tentang beridinya Kota Prabumulih dan suasana tempat membaca yang lebih baik.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini