Share

Aktivitas yang Dapat Dilakukan untuk Tercapainya Prestasi, Pelajar Wajib Simak!

Rina Anggraeni, Sindonews · Kamis 31 Maret 2022 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 31 624 2570807 aktivitas-yang-dapat-dilakukan-untuk-tercapainya-prestasi-pelajar-wajib-simak-VI5Gv8XQZO.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Beragam aktivitas yang dapat dilakukan untuk tercapainya prestasi bisa diimplementasikan oleh para pelajar. Dalam pendidikan sekolah, pasti antara satu siswa dengan siswa lainnya berbeda. Ada yang berprestasi maupun tidak.

BACA JUGA: Ciri-ciri Manusia Berprestasi, Salah Satunya Memiliki Obsesi Tinggi

Pada dasarnya setiap diri manusia senantiasa ingin berprestasi, tetapi dalam mewujudkan prestasi diri. Potensi diri semakin lama semakin bertambah dan meningkat hal ini sejalan dengan proses pembelajaran dan pengalaman seseorang.

Aktivitas yang dapat dilakukan untuk tercapainya prestasi salah satunya adalah mematuhi dan taat pada aturan yang telah dibuat sekolah. Tata tertib atau peraturan sekolah dibuat bertujuan agar proses belajar mengajar berjalan dengan tertib dan mendidik para siswa untuk hidup tertib dan disiplin.

BACA JUGA: Prinsip agar Seseorang Dapat Berprestasi, Ini Kiat Suksesnya

Selain itu, membaca buku-buku dalam perpustakaan maupun meminjam buku untuk dibaca di rumah sebagai pengisi waktu luang juga bisa mengasah kemampuan dalam mendapatkan prestasi. Seorang siswa yang giat membaca buku apa saja di perpustakaan akan memperoleh ilmu pengetahuan yang luar biasa, misalnya membaca buku-buku penerapan teknologi, setelah membaca siswa akan dapat parktek secara langsung membuat teknologi tepat guna. Ini juga bisa mewujudkan prestasi dalam menemukan teknologi baru.

Selain itu, memiliki sikap disiplin artinya dalam mewujudkan prestasi yang memuaskan diperlukan penggunaan waktu harus secara tertib tidak membuang waktu. Contohnya, mengadakan aktivitas belajar, membaca, diskusi, dan mengadakan penelitian yang berguna.

Aktivitas yang dapat dilakukan untuk tercapainya prestasi tidak hanya menjadi orang pintar atau mendapatkan peringkat satu di sekolah, tapi juga bisa dikenal dengan bakat. Seperti contoh, menjadi juara di bidang atletik atau menjadi atlet. Contohnya, semua sekolah mengadakan kegiatan ekstrakurikuler yang meliputi kegiatan pramuka, olahraga, elektro, maupun kesenian. Seorang siswa yang mengikuti kegiatan tersebut yang pasti harus membagi waktu yang sebaik-baiknya, agar tidak terjadi tumbukan kegiatan satu dengan proses belajar intrakurikuler. Kepandaian mengatur waktu dan kegiatan itulah yang digolongkan sebagai siswa yang disiplin dan tertib waktu bisa meraih prestasi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini