Share

Prinsip agar Seseorang Dapat Berprestasi, Ini Kiat Suksesnya

Rina Anggraeni, Sindonews · Rabu 30 Maret 2022 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 30 624 2570324 prinsip-agar-seseorang-dapat-berprestasi-ini-kiat-suksesnya-LCoLQqi8xj.jpg ilustrasi.

JAKARTA – Prinsip yang dibutuhkan seseorang untuk meraih prestasi terdapat dalam kepribadian masing-masing dalam bentuk motivasi diri.

Seseorang terdorong untuk melakukan tindakan yang mengarah ke tujuan tertentu dikarenakan adanya kebutuhan. Kebutuhan dapat menyebabkan adanya dorongan internal yang menggerakkan seseorang melakukan suatu ke arah tercapainya tujuan.

Tenaga pendorong atau penarik yang menyebabkan adanya tingkah laku ke arah suatu tujuan tertentu disebut motivasi dalam membentuk sebuah prestasi yang membanggakan.

Pada dasarnya dalam diri setiap orang terdapat kebutuhan untuk melakukan perbuatan yang bertujuan memperoleh hasil yang sebaik-baiknya.

Hal ini disadari bahwa sebagian orang mempunyai kualitas tingkatan motivasi berprestasi tinggi, sebagian yang lain tidak, dengan demikian setiap manusia berbeda dalam motivasi berprestasi.

Prinsip agar seseorang dapat berprestasi , cenderung berorientasi dengan mempunyai karakteristik-karakteristik berbeda-beda. Seperti karakteristik menyenangi situasi yang menuntut tanggung jawab pribadi untuk pemecahan masalah.

Lalu, cenderung mengambil risiko yang moderat dibanding dengan risiko rendah atau tinggi, dan selalu mengharapkan balikan nyata dapat berupa saran dan kritikan terhadap kinerja yang telah dilakukan. Untuk menumbuhkan motivasi berprestasi yang lebih tinggi, maka perlu diciptakan suatu lingkungan yang kondusif sehingga seseorang dapat menyelesaikan pekerjaan secara baik.

Nah prinsip agar seseorang dapat berprestasi, ini kiat suksesnya :

1. Belajar dari kesalahan

Belajar dari kesalahan sebagai bahan untuk melakukan evaluasi dan perbaikan diri. Kesalahan yang terjadi sangatlah wajar, sebab tidak ada manusia yang sempurna dan terbebas dari keliru. Melihat kesalahan sebagai alat untuk mengasah diri dan menjadi sosok yang lebih baik lagi ke depannya.

2. Punya motivasi tinggi

Memiliki motivasi penting dimiliki akan memicu tekad dan merupakan faktor utama untuk mencapai tujuan apapun yang Anda inginkan.

Dengan motivasi, Anda akan terus konsisten dalam membangun prestasi.

3. Punya banyak inspirasi

Kesuksesan yang sesungguhnya adalah seberapa baik Anda bisa mempengaruhi orang lain dan mampu menginspirasi orang lain untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini