Share

6 Pantangan yang Tidak Boleh Dilakukan bagi Seorang yang Memiliki Keunggulan Prestasi!

Aulia Oktavia Rengganis, Okezone · Rabu 30 Maret 2022 10:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 30 624 2570172 6-pantangan-yang-tidak-boleh-dilakukan-bagi-seorang-yang-memiliki-keunggulan-prestasi-qfIXpzXHYK.jpg Pantangan yang tidak boleh dilakukan bagi seorang yang memiliki keunggulan prestasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Ada sejumlah pantangan yang tidak boleh dilakukan bagi seorang yang memiliki keunggulan prestasi. Hal-hal ini dapat mengganggu kesuksesan serta kualitas di dalam dirinya. Apa saja hal-hal tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini!

Orang yang berprestasi adalah orang yang unggul dalam bidang tertentu, misalnya olahraga, musik, seni, termasuk prestasi akademis. Pencapaian prestasi yang baik seharusnya berjalan beriringan dengan pembentukan kualitas karakter yang semakin baik.

Selain itu, prestasi bisa menjadi gambaran langkah awal untuk meraih kesuksesan. Jika ingin sukses, orang tersebut harus mampu merubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik agar proses meraih kesuksesan pun tidak terhambat.

Beberapa hal yang menjadi pantangan yang harus dihindari oleh orang yang berprestasi yakni:

1. Merasa Tidak Percaya diri

Ini sering diekspresikan melalui perasaan, "Mampukah saya melakukannya?" atau "Saya tidak cukup mampu", "Saya tidak memenuhi syarat", dan semacamnya. Ekspresi ini menggambarkan ketidakpercayaan diri pelakunya.

Kurangnya kepercayaan diri menyebabkan motivasi "sudah dipadamkan sejak awal", dengan berpikir negatif terlebih dahulu terhadap diri sendiri.  Perlu diingat, motivasi membutuhkan "lahan" yang tepat untuk tumbuh. “Lahan" itu adalah kepercayaan diri.

2. Tidak Memiliki Semangat

Demotivasi adalah di mana kamu tidak merasakan dorongan untuk berusaha mengubah situasi. Kamu merasa bahwa duniamu sudah stagnan di aktivitas atau pekerjaan itu-itu saja, sehingga enggan berubah untuk tujuan yang lebih baik lagi.

3. Perasaan tidak memiliki masa depan

Ketika seseorang merasa dirinya tidak mempunyai masa depan, ia tentu saja kehilangan motivasi. Perasaan tidak ada masa depan (pesimis) disebabkan kegagalan yang sering dialami, sehingga ia tidak percaya lagi ada keberhasilan di masa depan. Hal ini juga bisa disebabkan ketidakpercayaan terhadap dirinya atau lingkungannya.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Tidak Berwibawa

Kewibawaan merupakan salah satu karakteristik kepribadian yang cenderung memiliki pandangan lebih bijaksana. Orang yang tidak berwibawa adalah orang yang tidak percaya diri, tidak memiliki pertimbangan apapun dalam melakukan sesuatu, dan selalu perpikir negatif dan pesimis. Demikian dikutip dari Bahan Ajar Pengenalan Potensi Diri.

5. Tidak Jujur

Dengan maraknya kasus kecurangan akademik membuat pelajar tidak dapat  bertanggung jawab, kurang adanya semangat juang, timbul rasa tidak percaya diri, tidak disiplin, dan hilangnya kreativitas dan inovasi pada dirinya. Maka dari itu, jujur adalah langkah awal untuk menjunjung tinggi moral sehingga tidak terjadi kecurangan.

6. Selalu Ingin Berada di Zona Nyaman

Hidup di zona ini memang membuat hidup terasa aman tanpa hambatan. Namun, terlalu betah di zona nyaman akan membuat diri kita malas untuk mengeksplor atau mencoba hal-hal baru sehingga hidup stuck di satu titik saja. 

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini