Share

Berkah Doa Ibu, Max Wujudkan Cita-Cita Kuliah S2 di Thailand

Aulia Oktavia Rengganis, Okezone · Minggu 13 Maret 2022 10:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 13 65 2560796 berkah-doa-ibu-max-wujudkan-cita-cita-kuliah-s2-di-thailand-ECaqqlHonp.jpg Max mahasiswa S2 di Thailand. (Foto: Tiktok akun @inimaxlipan)

JAKARTA - Hidup di tengah keterbatasan ekonomi bukanlah sebuah penghalang bagi Mochammad Abdul Machfud dalam meraih pendidikan dan cita-citanya. Mahasiswa lulusan Universitas Negeri Surabaya itu kini tengah menjalani beasiswa S2 di Khon Kaen University, Thailand.

Max, biasa disapa merupakan salah satu dari banyak orang yang berhasil mengenyam pendidikan yang bagus meskipun kedua orangtua memiliki latar belakang dengan pendidikan yang tidak tinggi.

Melalui unggahan di akun TikTok pribadinya @inimaxlipan, ia membagikan sebuah video yang menunjukan ayah dan ibunya hanyalah lulusan SD.

Dalam video yang berbeda, Max bercerita bahwa awalnya sang Ibu tidak merestui pilihannya untuk berkuliah di Thailand karena keterbatasan kondisi perekonomian keluarga. Tak henti sampai di situ, ia tetap berusaha meminta restu sang ibu untuk menggapai cita-citanya tersebut.

Akhirnya, berkat doa sang Ibu dan kegigihan Max, ia berhasil mendapatkan beasiswa s2 Master Business Administration Khon Kaen University, Thailand.

Atas keberhasilannya dalam meraih beasiswa, video Tiktok tersebut dibanjiri pujian dan rasa bangga dari netizen. Beberapa netizen juga menuturkan menjadi terinspirasi atas pencapaian yang diraih Max.

Follow Berita Okezone di Google News

Melalui akun Twitter pribadinya @mampedd, Max mengungkapkan alasannya memilih Thailand karena kondisi sosial di Thailand yang hampir sama dengan Indonesia, sehingga untuk beradaptasi lingkungan baru menjadi lebih mudah.

“Alasan ku sih karena kondisi sosial di Thailand masih mirip sama Indonesia, jadi menurutku untuk adaptasi lingkungan baru lebih mudah. Kenapa kok gak Singapura, Malaysia? Oh aku pikir biaya hidupnya terlalu mahal. Kalo gitu kenapa gak di Filipina aja?” tulisnya.

“Filipina dan negara Indochina lainny dalam lingkup ASEAN, education system rangkingnya masih di bawah Thailand. So yeah, Thailand adalah negara yang tepat untuk melanjutkan pendidikan,” lanjutnya.

Dalam akun Twitternya, ia juga membagikan berkas-berkas apa saja yang dibutuhkan saat apply Scholarship Khon Kaen University, mulai dari Surat sehat dari rumah sakit, SKCK, Surat Rekomendasi dari Dosen/Atasan di tempat kerja, Paspor, dan Rencana Penelitian.

Selain itu, Max juga menceritakan beberapa pengalamannya ketika berkuliah di Thailand, ia menuturkan meskipun berkuliah di Thailand, namun bahasa yang digunakan adalah bahasa inggris.

“Di fakultasku pas ku telusuri kelas yang ku pilih pake english sih, gak tau ya kalo fakultas lain. Soalnya jangan sampe salah pilih kelas, nanti bisa-bisa di kelas bahasa Thailand, pusing kau ntar,” tulisnya.

Adapun tips ampuh agar lolos seleksi beasiswa, kata Max, rahasianya adalah doa ibu.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini