Share

5 Jurusan Kuliah bagi si 'Kutu Buku', dari Sejarah hingga Filsafat!

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 27 Februari 2022 08:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 65 2551802 5-jurusan-kuliah-bagi-si-kutu-buku-dari-sejarah-hingga-filsafat-2XdJREwU3O.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Untuk kamu para kutu buku alias orang yang gemar membaca, ada jurusan-jurusan kuliah yang sangat cocok dijadikan pertimbangan. Para mahasiswa di jurusan ini sangat dituntut untuk memiliki kemampuan berpikir yang tajam, tentunya dibarengi dengan kegemarannya dalam membaca.

Berikut adalah 5 jurusan kuliah bagi para kutu buku.

Sejarah

Bagi kalian yang sangat menyukai membaca, kuliah di jurusan sejarah sepertinya sangat cocok. Jurusan ini mempelajari hal-hal penting di masa lalu, yang hanya bisa diketahui dan dipelajari dengan membaca. Mahasiswa jurusan sejarah juga akan mempelajari sejarah dari berbagai konteks, seperti geografi, kesehatan, militer, pendidikan, hingga agama.

Kebiasaan dan ketertarikan dalam membaca sangat dituntut bagi mahasiswa jurusan ini. Sebab, mereka harus banyak mencari dan memahami literatur dari berbagai masa, termasuk naskah-naskah kuno. Setelah membaca, mahasiswa sejarah juga dituntut untuk melakukan analisis dan rekonstruksi.

Sastra

Jurusan sastra juga sangat pas untuk para kutu buku. Sebab, mahasiswa di jurusan ini sangat diharuskan untuk membaca dan menelaah berbagai karya sastra dari negara yang dipelajari, seperti sastra Indonesia, Belanda, Arab Saudi, Jepang, Jerman dan Korea Selatan.

Selain itu, berkuliah di jurusan sastra juga merupakan bekal yang baik jika seseorang ingin berkecimpung di dunia media. Contohnya adalah menjadi jurnalis, editor, maupun penulisan kreatif.

Ilmu Hukum

Ilmu hukum terkenal memiliki mahasiswa yang sangat gemar membaca. Apalagi, jika kelak lulus dan menjadi hakim harus teliti membaca berkas-berkas penting yang akan ditangani. Kemahiran dalam membaca itu tentunya dilatih sejak masih menjalani perkuliahan.

Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari beberapa konsentrasi ilmu hukum, seperti hukum perdata, hukum internasional, hukum ekonomi, hukum pidana, hukum acara, hukum tata negara, dan masih banyak lagi. Segala informasi, perkembangan dan contoh-contoh kasus dari tiap-tiap konsentrasi tersebut sudah pasti hanya bisa didapat melalui membaca dan berdiskusi.

Hubungan Internasional

Sama seperti jurusan di rumpun sosial lainnya, jurusan hubungan internasional mewajibkan para mahasiswanya untuk gemar dan banyak membaca. Selain mempelajari hubungan diplomasi antarnegara, jurusan ini juga memberikan pemahaman terkait bagaimana sejarah hubungan suatu negara tersebut dimulai.

Isu-isu dan contoh kasus dalam hubungan internasional juga sangat dinamis. Karena itu, membaca adalah kunci utama untuk bisa memahaminya. Selain membaca, mahasiswa jurusan ini juga dituntut untuk memiliki pemikiran yang kritis dan kemampuan dalam memecahkan sebuah masalah.

Filsafat

Jurusan lainnya yang juga sangat cocok untuk para kutu buku adalah filsafat. Ilmu filsafat bahkan sering kali disebut sebagai induk dari segala ilmu. Dalam jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari seluruh fenomena kehidupan manusia secara kritis.

Tak heran, mahasiswanya juga akan memiliki kemampuan analisis yang tajam dan kritis. Kemampuan membaca adalah salah satu keharusan yang dimiliki mahasiswa filsafat, selain tentunya kemampuan dalam berpikir kritis, keberanian berdiskusi, dan kecakapan menulis.

*diolah dari berbagai sumber

Ajeng Wirachmi/Litbang MPI

 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini