Share

Mahasiswa, Ini 5 Profesi Menarik di Dunia Pertelevisian

Neneng Zubaidah, MNC Portal · Selasa 30 November 2021 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 65 2509723 mahasiswa-ini-5-profesi-menarik-di-dunia-pertelevisian-httbl93ZOf.jpg Foto: ist.

JAKARTA - Dunia pertelevisian berkembang dengan sangat cepat. Dari yang awalnya analog kini televisi berkembang dengan teknologi digital. Sajian tayangannya yang menarik dan beragam pun membuat orang enggan beranjak dari televisi.

Tidak ayal, profesi di dunia pertelevisian pun menjadi pekerjaan menjanjikan dan dipandang cukup bergengsi oleh para generasi muda yang berjiwa kreatif.

BACA JUGA: Sukses Karier Sambil Kuliah? Intip Rahasianya!

Melansir laman resmi Bina Nusantara University di binus.ac.id, Selasa (30/11/2021), meskipun industri pertelevisian perlahan tergeser oleh industri digital, minat terhadap karir di dunia broadcasting tidak surut.

Kebanyakan mereka yang meniti karir pertelevisian adalah lulusan ilmu komunikasi, DKV, dan multimedia. Namun, tidak menutup kemungkinan latar belakang pendidikan lain pun bisa berkarir di industri pertelevisian.

Tidak hanya presenter saja, ada banyak profesi lain yang terlibat dalam produksi suatu acara televisi. Bagi kamu yang memiliki ketertarikan untuk berkarier di bidang ini, berikut deretan profesi di dunia pertelevisian selain presenter.

1. Produser

Profesi sebagai produser bisa dibilang sebagai kunci utama berlangsungnya suatu acara televisi. Pasalnya, produser bertanggung jawab pada keseluruhan produksi suatu program televisi, mulai dari menyusun rencana, mengawasi, memastikan pelaksanaan program berjalan dengan baik, hingga melakukan evaluasi.

BACA JUGA: Biaya Kuliah Jurusan Hukum Unpad, Calon Jaksa Wajib Simak!

Dalam kesehariannya, produser program televisi memastikan kelengkapan siaran, melakukan briefing untuk seluruh kru, memantau keseluruhan acara, dan tak lupa, melakukan evaluasi program televisi yang sudah terlaksana.

Dengan tanggung jawab yang cukup besar ini, seorang produser perlu memiliki leadership yang baik agar dapat menggerakkan tim produksinya.

2. Jurnalis

Seorang jurnalis bertugas menulis dan melaporkan berita. Di industri pertelevisian, jurnalis atau wartawan juga kerap tampil di televisi guna melaporkan berita secara langsung ataupun melakukan wawancara.

Seorang jurnalis memiliki tanggung jawab untuk mengumpulkan berita serta memeriksa akurasi informasi yang disampaikan kepada publik. Maka, jurnalis wajib memiliki sifat kritis dan teliti terhadap detail kecil.

3. Video Editor

Termasuk profesi paling banyak dicari, pekerjaan satu ini tidak hanya dibutuhkan di dunia pertelevisian saja. Dengan berkembangnya teknologi digital, video editor juga banyak dicari untuk pembuatan konten sosial media.

Dalam dunia pertelevisian, seorang editor video bertugas untuk mengolah video mentah menjadi konten yang menarik untuk ditayangkan di televisi. Profesi ini yang bertanggung jawab melakukan penyuntingan sebelum akhirnya ditayangkan ke pemirsa.

4. Script Writer

Pekerjaan ini cocok bagi kamu yang memiliki kemampuan menulis. Penulis naskah atau script writer bertugas untuk menulis naskah yang akan ditayangkan. Selain memiliki kemampuan menulis yang baik, scriptwriter juga harus kreatif dan mampu bekerja sesuai deadline.

5. Cameraman

Profesi ini bisa dibilang sebagai salah satu peran paling penting dalam produksi acara televisi. Tidak akan ada tayangan televisi tanpa adanya cameraman atau kamerawan. Seorang cameraman bertanggung jawab terhadap pergerakan dan penempatan kamera. Biasanya, cameraman suatu acara tidak bekerja sendirian, tetapi dibantu oleh asisten dan operator kamera lainnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini