Share

Perkuliahan Tatap Muka Universitas Negeri Malang Dimulai, Mahasiswa Wajib Karantina Mandiri

Deni Irwansyah, iNews · Selasa 26 Oktober 2021 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 65 2492066 perkuliahan-tatap-muka-universitas-negeri-malang-dimulai-mahasiswa-wajib-karantina-mandiri-wwyCvRfZPf.jpg Foto: ist.

MALANG - Perkuliahan tatap muka (PTM) di Universitas Negeri Malang yang dimulai awal pekan ini disambut antusias oleh mahasiswa dan dosen, meski ada syarat ketat yang diberlakukan. Universitas Negeri Malang merupakan kampus pertama di Malang yang melakukan PTM.

Untuk sementara, hanya angkatan 2020 dan 2021 yang diperbolehkan mengikuti PTM ini mengingat sejak menjadi mahasiswa mereka belum pernah ke kampus karena pandemi dan mengharuskan mereka kuliah secara daring.

BACA JUGA: Mahasiswa UGM Akan Jalani PTM Terkendali Akhir Oktober

Proses ketat diberlakukan kampus, mulai cuci tangan, hand sanitiser, dan pedeteksi tubuh tersebar di setiap pintu masuk. Mahasiswa juga harus memindai aplikasi barcode Pedulilindungi sebelum masuk kelas.

Mahasiswa yang diperbolehkan mengikuti PTM juga diwajibkan telah melakukan vaksinasi dan melakukan karantina mandiri selama dua minggu sebelum perkuliahan.

BACA JUGA: Mahasiswa Ini Ciptakan Inovasi Karpet Pembelajaran Bahasa Inggris 

Di ruangan kelas perkuliahan pun jarak antar mahasiswa diatur sedemikian rupa, tetap menggunakan masker. Kelas juga selalu dibersihkan secara manual dan menggunakan lampu ultraviolet (UV) khusus, setiap pergantian kelas.

Pembelajaran tatap muka ini dimulai minggu kesembilan dan kesepuluh dari kalender akademik. Dari seribu 976 mahasiswa di FMIPA, mahasiswa yang memilih perkuliahan tatap muka sejumlah 48 persen, sisanya tetap memilih perkuliahan secara daring.

Mahasiswa program studi matematika Meidy Indhira Putri mengaku senang bisa melakukan perkuliahan tatap muka untuk pertama kalinya sejak berstatus mahasiswa di awal 2020 silam. Meidy menganggap perkuliahan tatap muka lebih jelas dibanding dengan perkuliahan dalam jaringan atau daring.

Perkuliahan tatap muka ini akan terus dievaluasi dan diharapkan 52 persen mahasiswa yang masih memilih perkuliahan daring segera melengkapi syarat dan mengikuti perkuliahan tatap muka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini