Share

Mahasiswa Ini Ciptakan Inovasi Karpet Pembelajaran Bahasa Inggris

Avirista Midaada, Okezone · Senin 16 Agustus 2021 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 16 65 2456276 mahasiswa-ini-ciptakan-inovasi-karpet-pembelajaran-bahasa-inggris-NhvYTBrcdZ.jpg Mahasiswa UM inovasi karpet bahasa inggris (foto: Dok UM)

MALANG - Lima mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) menciptakan inovasi mainan edukasi karpet untuk pembelajaran bahasa Inggris anak pra sekolah. Inovasi alat yang dinamakan FELA atau Fun English Learning Activity Playmat, merupakan playmat pertama di Indonesia yang dilengkapi keyboard interaktif dengan LCD.

Inovasi FELA ini merupakan kreasi lima mahasiswa Bunga Almia Gane Sari Santina Putri dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Bagus Prastyo dari Prodi Teknik Elektro, Muhammad Ricky Perdana Putra dari Prodi Teknik Informatika, Nisa Haliyati Royyan Prodi Desain Komunikasi Visual, dan Savarina Aurelia Callista dari Prodi Manajemen.

Baca juga:  Mengintip Gedung Kuliah yang Didanai Arab Saudi, Apa Keunggulannya?

Ketua Tim Bunga Almia Gane menyebut, rendahnya kemampuan berbahasa Inggris masyarakat Indonesia menjadi latarbelakang awal membuat media pembelajaran ini.

"Kami menciptakan produk ini tidak hanya berdasarkan Inovasi semata, kami juga memikirkan adanya solusi bagi permasalahan rendahnya angka kemahiran bahasa Inggris masyarakat Indonesia yaitu berada di peringkat 71 dari 100 negara dengan skor 453 (English First, 2020) di Indonesia,” ucap Bunga Almia melalui keterangannya pada MNC Portal Indonesia, Senin (16/8/2021).

Baca juga:  Resmikan Gedung Kuliah Proyek Arab Saudi, Menristekdikti Singgung Inovasi Pembelajaran

Dimana dari alat ini diharapkan mampu menjadi penyemangat dan motivasi agar anak - anak pra-sekolah bisa lebih mudah memahami bahasa Inggris sejak dini.

"Kami berkeinginan bisa membantu anak-anak prasekolah agar lebih mudah belajar bahasa Inggris sejak dini, sehingga nantinya mereka lebih siap di masa depan, karena usia prasekolah juga merupakan usia golden age yang merupakan usia mudah untuk belajar," terangnya.

Menurut Bunga, FELA Playmat ini menjadi media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk anak - anak pra sekolah yang akan mempelajari bahasa Inggris. Mengingat ada empat pengaplikasian metode pembelajaran bahasa Inggris yang disertai dengan permainan yang tentu menarik anak - anak.

"Jadi di alat ini terdapat empat pengaplikasian metode pembelajaran bahasa Inggris, dengan mengajarkan melalui metode belajar sambil bermain, akan memberikan pemahaman lebih terutama melalui gaya kinestetik, audio, dan visual yang diberikan. Hal ini juga didukung oleh beberapa jurnal ilmiah," katanya.

Berkat inovasi ini pula, mengantarkan lima mahasiswa dibawah bimbingan dosen Sastra Inggris UM Hasti Rahmaningtyas, menyabet dua prestasi di kancah internasional di ajang World Science, Environment and Engineering Competition (WSEEC) dan Education International Innovative Competition (IEI2C).

"FELA Playmat juga menjadi salah satu karya inovasi yang berhasil menyabet 2 medali sekaligus dalam satu bulan. Pertama dapat medali emas di ajang World Science, Environment and Engineering Competition (WSEEC) pada 20 Juni 2021 dan medali perak dalam ajang Indonesia Education International Innovative Competition (IEI2C) pada 24 Juni 2021," bebernya.

Sementara itu ke depan, seorang anggota tim Savarina Aurelia Callista bakal memproduksi secara massal FELA Playmat ini. Kemudian inovasi ini bakal diperkenalkan ke orang tua dan guru - guru Taman Kanak-kanak (TK), sebagai media pembelajaran baru yang memiliki tingkat efektivitas dan efisiensi lebih baik.

"Media pembelajaran ini akan terus kami kembangkan, sehingga selain untuk usia prasekolah, juga bisa digunakan dalam tingkatan yang lebih tinggi. Ke depan, tidak menutup kemungkinan bahwa produk ini nantinya akan melebarkan sayap merangkap media pembelajaran di sektor tingkatan lainnya,” pungkasnya. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini