Inspiratif, Mahasiswi Difabel Universitas Jember Sukses Dongkrak Omzet Usaha Kaos Hingga Rp60 Juta Per Bulan

Bambang Sugiarto, iNews · Rabu 13 Oktober 2021 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 13 65 2485698 inspiratif-mahasiswi-difabel-universitas-jember-sukses-dongkrak-omzet-usaha-kaos-hingga-rp60-juta-per-bulan-bczHwHiIaM.jpg Foto: Okezone.

JEMBER - Meski memiliki keterbatasan, seorang mahasiswi di fabel dari Universitas Jember berhasil mendongkrak omzet penjualan toko kaos polos dari Rp4 juta per bulan menjadi Rp60 jutaan. Berkat inovasi brilian dari Siti Maimunah, sebuah toko kecil mampu memberi suasana kekinian dan mengundang banyak pembeli baik secara online maupun offline.

Siti, seorang mahasiswi Universitas Jember menyulap toko kaos polos di Jalan Mohamad Yamin, Jember milik temannya menjadi sebuah toko dengan omzet penjualan fantastis.

BACA JUGA: Cerita Mahasiswi Unej yang Kesulitan Tuntaskan Skripsi Akibat Pandemi Covid-19

Toko itu tadinya memiliki nuansa sederhana dan transaksi jual belinya secara manual sehingga jarang di lirik pembeli meski harga kaos yang ditawarkan cukup murah dan berkualitas. Namun, Siti mengubah kondisi itu secara drastis.

Meski hanya menempati area 3x5 meter, dengan sentuhan seni yang tinggi Siti mengundang pembeli untuk masuk dan membeli produk yang ditawarkan toko.

Siti banyak mengubah berbagai sarana dan prasarana di toko itu seperti price tag yang semula dari kertas biasa, ia desain menggunakan aplikasi canvas yang modern.

Dia mengubah kantong kresek hitam dengan yang bening, mendesain ulang katalog dan brosur lebih modern, menata ulang tempat pesanan,mengganti hanger yang lebih kekinian,membuat banner yang menarik, memasang tirai ganti baju, memperbaharui alat kasir, merancang harga grosir, dan membuat hiasan gantung.

Dengan cara yang ini Siti mampu ‘menghipnotis’ pembelinya.

Situ juga juga melakukan penjualan lewat daring berikut memamerkan outlet yang semakin modern itu.

BACA JUGA: Agar Mahasiswa Tak Gaptek, Unej Akan Masukkan TIK Jadi Mata Kuliah Umum

Cara ini sukses mendongkrak omzet Toko Lokatara itu dari hanya Rp4 juta per bulan hingga menjadi Rp60 juta.

Muhammad Dimas, seorang pembeli, mengaku puas membeli di toko tersebut. Selain murah, penataan outlet juga mirip toko modern.

Hal senada diakui Maki, seorang pembeli lainnya, yang mengaku senang karena barang yang dijula di toko tersebut bagus.

Bagi Siti Maimunah, dengan konsep yang lebih modern, outlet sederhana dapat meraup cuan hingga puluhan juta rupiah per bulan dengan desain yang kekinian hasil karyanya.

Sela Rimba, pemilik toko, mengapresiasi kiprah Siti Maimunah atas tokonya. Sela pernah harus kehilangan seluruh tabungan dan akan pailit lantaran pembelinya sepi.

Dengan konsep yang di terapkan siti maimunah kepada toko miliknya. Sela mengaku omzet penjualan saat ini terus merangkak naik bahkan hingga mencapai Rp60 juta per bulan.

Bagi Ali Badrudin, dosen pembimbing, atas kiprah Siti Maimunah inilah ia menerima reward dari USAID dalam urusan perkuatan keterampilan wirausaha sehingga mampu meningkatkan omzet usaha kaos polos milik warga menjadi berkali lipat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini