Mendikbudristek Ajak UMKM Bergabung ke SIPLah

Neneng Zubaidah, Koran SI · Kamis 26 Agustus 2021 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 26 65 2461533 mendikbudristek-ajak-umkm-bergabung-ke-siplah-9lVcBxeF1Y.jpg Mendikbudristek RI, Nadiem Makarim (foto: ist)

JAKARTA - Kemendikbudristek meluncurkan Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah), untuk mendukung proses pengadaan barang dan jasa di sekolah. Platform ini pun bisa diikuti oleh para pelaku UMKM melalui proses pendaftaran dan registrasi secara online.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengajak para UMKM untuk mendaftar di SIPLah. Sebab, katanya, ratusan ribu sekolah di Indonesia tergabung di SIPLah sehingga ada potensi bagus bagi UMKM untuk berjualan melalui SIPLah.

"Jadi kami ingin mengundang para UMKM yang mempunyai produk dalam negeri dan bagus dan berkualitas untuk gabung di SIPLah," kata Nadiem pada peluncuran SIPLah secara daring, Kamis (26/8/2021).

Baca juga:  Luncurkan SIPLah, Kemendikbudristek Tingkatkan Transparansi Pengadaan Barang dan Jasa di Sekolah

Menurut Nadiem, SIPLah yang kali ini diluncurkan telah ditransformasi untuk mempermudah penjual atau penyedia untuk berjualan. Tidak terkecuali untuk UMKM. Misalnya verifikasi pendaftaran penyedia yang cepat sehingga bisa membantu UMKM lokal yang ingin menjual barangnya ke sekolah.

"Dan kita memastikan pengecekan pembayaran itu otomatis didalam platform. Dan pembayaran diteruskan kepada penyedia 1x24 jam setelah sekolah membayar," terang Nadiem.

Baca juga:  Kemendikbudristek: Bantuan Kuota Belajar Bisa Akses Semua Laman

Untuk periode 2021-2023 tercatat, dari total 61 mitra pasar yang mendaftar ke SIPLah, ada 18 mitra pasar terpilih yang telah lolos persyaratan administrasi dan uji teknologi melalui sayembara terbuka

Kepada kepala satuan pendidikan di seluruh Indonesia, Mendikbudristek menghimbau untuk berbelanja di SIPLah. Dengan cara mengunjungi laman https://siplah.kemdikbud.go.id lalu pilih mitra pasar yang ingin dikunjungi, masukkan ID Dapodik, maka sekolah akan siap berbelanja.

Sementara itu, kepada para penyedia barang dan jasa, terutama UMKM di sekitar lokasi sekolah, Menteri Nadiem menyampaikan agar segera mendaftar di SIPLah supaya mereka berjualan ke ratusan ribu sekolah di Indonesia.

Melalui cara mengunjungi https://siplah.kemdikbud.go.id; lalu pilih satu/lebih mitra pasar, tekan tombol ‘Daftar’; serta lengkapi persyaratan yang terdiri dari Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), identitas penyedia (NIK), dan deskripsi kemampuan menyediakan barang/jasa.

Kemudian lakukan verifikasi data melalui surat elektronik (email), maka penyedia baru dapat login dan siap berjualan. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini