5 Mahasiswa Unair Ciptakan Energi Alternatif dari Minyak Jelantah

Tim Okezone, Okezone · Selasa 03 Agustus 2021 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 03 65 2450306 5-mahasiswa-unair-ciptakan-energi-alternatif-dari-minyak-jelantah-6j2zevzGkv.jpg foto: Dok Unair

JAKARTA - Lima mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR) mencetuskan ide berupa produk Waco-gel, sebuah bahan bakar dari minyak jelantah yang dipadatkan sebagai energi alternatif yang ramah lingkungan.

Lima mahasiswa tersebut tergabung dalam tim yang terdiri dari Muhammad Anang Jazuli, Firman Hidayat, Ningsih Putri Herman, Muhammad Fajar Faliasthiunus Pradipta. Keempatnya dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST). Adapun Haflan Alfiri Widrayat dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

 Baca juga:  Persiapan Blended Learning, Ribuan Mahasiswa UNAIR Vaksinasi Massal

Tim membeberkan bahwa proses pembuatan Waco-gel melalui teknologi dan peralatan sederhana. Selanjutnya, limbah dari bahan bakar nabati (minyak jelantah, Red) yang awalnya mudah menguap itu kemudian dipadatkan dalam bentuk biogel.

Anang selaku ketua tim menjelaskan terkait alasan memilih minyak jelantah. Hal tersebut dikarenakan melalui proses reaksi esterifikasi dan transesterifikasi, minyak jelantah memiliki asam lemak yang tinggi.

Baca juga:  Mahasiswi Unair Ciptakan Kukis dari Cangkang Telur Pencegah Osteoporosis

Lebih lanjut, Anang juga menyebutkan beberapa kelebihan produk Waco-gel. Di antaranya terbarukan, tidak menghasilkan asap selama pembakaran, tidak menimbulkan jelaga, tidak menghasilkan gas berbahaya, non karsinogenik, dan non korosif.

“Tentunya ramah lingkungan apalagi dengan bentuknya yang padat berupa gel, bisa memudahkan proses pengemasan dan pendistribusian. Selain itu sangat cocok untuk menghangatkan makanan pada industri katering atau bahkan saat berkemah,” jelas Anang seperti dilansir dari unair.ac.id, Selasa (3/8/2021).

Melalui tagline For Better Future, Waco-gel dibandrol seharga Rp 15.000/ sterno dengan berat 150 gram.

“Untuk saat ini jika ingin memesan produk Waco-gel bisa melalui DM Instagram, WA Admin, Market Place (Shopee dan Tokopedia). Web juga tetapi kini masih dalam tahap pengintegrasian,” ujar Anang.

Inovasi Waco-gel, lanjutnya, juga berorientasi pada ketercapaian SDGs poin ke-7 mengenai energi bersih dan terjangkau.

“Waco-gel dikatakan energi bersih karena produk ini sifatnya adalah terbarukan dan zero waste juga, sehingga bisa turut mengurangi emisi di udara,” tandasnya.

Ide tim ini telah berhasil memperoleh pendanaan dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) kategori PKM Kewirausahaan 2021. Dalam prosesnya, tim telah merangkul mitra seperti usaha catering di Sidoarjo. Selain itu juga bersinergi dengan start-up penyuplai minyak jelantah.

“Secara mitra karena kami basisnya adalah memanfaatkan minyak jelantah. Kami menggandeng startup PKM-Kewirausahaan juga dari UNAIR yang namanya ‘Jelantah Yuk’, semacam simbiosis mutualisme, lah,” papar mahasiswa FST tersebut.

Di akhir perbincangan, Anang berharap produk ia dan tim bisa dikenal masyarakat dan dipilih sebagai solusi alternatif bahan bakar padat.

“Karena pada umumnya dalam penggunaan bahan bakar padat, masyarakat masih sering menggunakan spiritus yang di-gel-kan, hal ini tentunya tidak terbarukan. Harapannya ya, produk kami bisa membawa value zero waste dan juga menjadi salah satu pemecahan masalah dalam pengolahan minyak jelantah yang biasanya dibuang saja,” pungkasnya. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini