Rumah Sehat 2 UNS Siap Digunakan untuk Isoman Covid-19

Neneng Zubaidah, Koran SI · Kamis 29 Juli 2021 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 65 2447782 rumah-sehat-2-uns-siap-digunakan-untuk-isoman-covid-19-yG4LimwSbJ.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

JAKARTA - Rumah Sehat 2 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta untuk Isolasi Mandiri (Isoman) sivitas akademika UNS, dan warga sekitar yang dinyatakan positif Covid-19 baik yang tanpa gejala maupun yang bergejala ringan tanpa komorbid resmi dibuka.

Pembukaan Rumah Sehat 2 UNS telah dilakukan pada Rabu 28 Juli 2021. Rektor UNS Prof. Jamal Wiwoho menjelaskan, UNS memiliki dua Rumah Sehat. Rumah Sehat pertama berada di Gedung Merc di komplek Rumah Sakit (RS) UNS yang sudah beroperasi pada Januari lalu dengan kapasitas 180 tempat tidur.

Baca juga:  Cegah Atlet Difabel Alami Hipoksia, UNS Buat Masker Aerator

Sedangkan untuk Rumah Sehat 2 UNS ini berada di Gedung E Asrama Mahasiswa UNS yang resmi dibuka mulai Rabu. Untuk pelayanan pada rumah sehat 2 di Asrama Mahasiswa UNS menyediakan 114 kamar dimana 10 kamar ber AC, 228 tempat tidur, 2 kamar mandi/kamar dan mendapat fasilitas makan 3 kali, multivitamin, wifi, TV, sarana olah raga, area berjemur, lapangan yang luas, taman dan alat memasak.

“Untuk Rumah Sehat 1 yang berada di Komplek RS UNS diperuntukkan untuk warga Sukoharjo dan sivitas akademika UNS. Kemudian untuk Rumah Sehat 2 ini kami prioritaskan untuk mahasiswa dan keluarga besar UNS serta warga di wilayah Jebres dan sekitarnya sebagai bentuk CSR dari UNS,” katanya dilansir dari laman uns.ac.id, Kamis (29/7/2021).

Baca juga:  Pendaftaran Pascasarjana UNS Masih Dibuka Sampai 30 Juli

Untuk mekanisme menempati Rumah Sehat 2 UNS ini, dari UNS sudah membentuk Satgas untuk penanganan Covid-19 sehingga bagi yang dinyatakan positif Covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan tanpa komorbid dapat langsung menghubungi.

“Kemudian untuk warga masyarakat bisa menghubungi RT atau RW setempat. Pemanfaatan rumah sehat 1 dan 2 UNS untuk isolasi mandiri bagi para penderita Covid-19 tersebut semuanya tanpa dipungut biaya alias gratis sebagai bentuk solidaritas sosial,” ujar Prof. Jamal.

Dalam kesempatan tersebut, tidak henti-hentinya Prof. Jamal selalu mengingatkan untuk menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, melakukan vaksin dan menghindari kerumunan. (din)

(rhs)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini