Pendaftaran Pascasarjana UNS Masih Dibuka Sampai 30 Juli

Neneng Zubaidah, Koran SI · Sabtu 24 Juli 2021 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 24 65 2445327 pendaftaran-pascasarjana-uns-masih-dibuka-sampai-30-juli-SMIyPNJ7OV.jpg Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta (foto: ist)

JAKARTA - Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta masih membuka pendaftaran periode I Gelombang ke-2, yang berlangsung dari tanggal 14 Juni sampai dengan 30 Juli 2021.

Kepala UPT SPMB UNS, Prof. Dr. Hadiwiyono mengatakan, Pascasarjana UNS membuka 46 Prodi Magister (S-2) dan 20 Prodi Program Doktor (S-3) dengan beban studi bervariasi menurut Prodi masing-masing, yaitu kurang lebih 36-42 SKS untuk Magister/S-2 dan kurang lebih 42-55 SKS untuk Doktor/S-3.

Baca juga: Strategi Pemulihan Ekonomi, Ketua OJK Ajak Alumni UNS Sukseskan Program Vaksinasi

Studi dirancang agar dapat diselesaikan dalam waktu 4 semester untuk Magister dan minimal 6 semester untuk Doktor. Mata kuliah teori diberikan kurang lebih 32 SKS untuk Magister dan kurang lebih 12 SKS untuk Doktor; dan sisanya dipergunakan untuk penyusunan tesis atau disertasi.

Beberapa Prodi menyelenggarakan matrikulasi pada awal masa perkuliahan. “Pascasarjana UNS memiliki jumlah staf pengajar yang memadai, dengan kualifikasi Guru Besar dan Doktor. Dalam melaksanakan program pendidikan, Pascasarjana UNS didukung dengan fasilitas perkuliahan yang memadai,” katanya melalui laman resmi UNS di uns.ac.id, Sabtu (24/7/2021).

Baca juga:  Gibran Ajak IKA UNS Bergandengan Tangani Atasi Covid-19

Ujian masuk Pascasarjana UNS dilakukan dalam 2 periode yaitu Periode I untuk Prodi dengan awal perkuliahan bulan September (Semester Ganjil) dan Periode II untuk Prodi dengan awal perkuliahan bulan Februari (Semester Genap).

Materi Tes Seleksi terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA), Bahasa Inggris dan Wawancara. Dasar pertimbangan penerimaan adalah hasil evaluasi dokumen, IPK, akreditasi Prodi, nilai TPA, dan bahasa Inggris.

Pendaftaran Periode I Gelombang 2 dilakukan secara online dengan jadwal yang sama untuk pembayaran Biaya Pendaftaran, upload Dokumen/Berkas yaitu dari tanggal 14 Juni–30 Juli 2021. Sedangkan cetak Kartu Peserta, dan verifikasi Dokumen/Berkas dilaksanakan dari tanggal 1 Juli – 30 Juli 2021.

Latihan Ujian Online periode 1 Gelombang 2 dijadwalkan pada tanggal 5 Agustus 2021 dan Ujian Online pada 7 Agustus 2021, sedangkan jadwal wawancara pada tanggal 6 Agustus 2021. Hasil seleksi penerimaan mahasiswa Pasca sarjana UNS periode 1 gelombang ke 2 akan diumumkan pada tanggal 13 Agustus 2021.

Calon mahasiswa yang mendaftar disyaratkan memiliki ijasah sarjana bidang ilmu yang secara khusus diatur oleh masing-masing Prodi. Persyaratan dan prosedur pendaftaran Program Pasca sarjana (S2) dan Dktor (S3) dapat dilihat pada laman https://spmb.uns.ac.id.

Program Pascasarjana UNS adalah program pendidikan tinggi lanjutan di atas pendidikan program sarjana yang dimulai pada tahun 1986. Dengan berkembangnya beberapa Program Studi maka berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional No. 414/DIKTI/Kep./1999, Pascasarjana UNS secara mandiri menyelenggarakan Pascasarjana mulai tahun 1998.

Tujuan Pascasarjana UNS adalah untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, keahlian, dan kemampuan akademik yang dapat digunakan untuk menjadi tenaga pengajar, perencana, pengembang, dan peneliti di instansi terkait

Selain itu juga untuk menghasilkan temuan-temuan penelitian yang berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, tidak hanya bagi calon mahasiswa dari dalam negeri tetapi juga untuk mahasiswa luar negeri. (din)

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini