3.331 Mahasiswa UNS Kuliah Kerja Nyata di 16 Provinsi, Termasuk Daerah Terpapar Hepatitis A

Bramantyo, Okezone · Selasa 09 Juli 2019 15:51 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 09 65 2076623 3-331-mahasiswa-uns-kuliah-kerja-nyata-di-16-provinsi-termasuk-daerah-terpapar-hepatitis-a-3aynTM8tyO.jpg Pelepasan Mahasiswa UNS Kuliah Kerja Nyata (Foto: Okezone)

SOLO - Sebanyak 3.331 mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dengan didampingi 158 dosen pembimbing lapangan, dilepas untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Intergratif periode Juli-Agustus 2019.

Mereka akan disebar 20 Kabupaten di Jawa Tengah, 9 Kabupaten di Jawa Timur, 4 kabupaten di Jawa Barat, 2 Kabupaten di Daerah lstimewa Yogyakarta dan 20 Kabupaten di Luar Pulau Jawa.

Baca Juga: Alumni UNS Bakal Berjuang Jadikan Kampus Nomor 1

"Total ada 317 Desa, 91 Kecamatan, 55 Kabupaten dan 16 Provinsi," jelas Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho, Selasa (9/7/2019).

Mahasiswa UNS dilepas KKN

Sementara itu terkait salah satu lokasi KKN ada di satu wilayah di Kabupaten Pacitan yang saat ini berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB) hepatitis A, Jamal menegaskan bahwa lokasi KKN yang berada di Kabupaten Pacitan aman.

Baca Juga: Jebolan UNS Tersebar di Posisi Strategis, Alumni Diminta Perkuat Jejaring Konco-Konco Lawas

“Kami sudah memperoleh keterangan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan bahwa di Pacitan ada KLB hepatitis A, namun dari Dinas Kesehatan Pacitan sudah memberikan rekomendasi kalau daerah yang digunakan untuk KKN UNS aman karena lokasinya sangat jauh dengan lokasi yang ditetapkan sebagai KLB,” terang Jamal.

Disampaikan Jamal melalui KKN ini UNS mengemban sebuah amanah, tidak hanya amanah Tridharma Perguruan Tinggi tapi juga amanah meningkatkan kesejahteraan bangsa. UNS harus menjadi bagian dari solusi, solusi dari setiap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat desa.

"Karena itu setiap kali penerjunan mahasiswa KKN selalu berdasarkan pada sebuah roadmap program yang menyatu dengan Rencana Strategis (Renstra) pengembangan desa lokasi KKN," imbuhnya.

Ditegaskan Jamal KKN adalah re-kreasi. "Saya ulang KKN adalah re-kreasi. Re-kreasi bukan piknik atau bertamasya, tapi KKN adalah kegiatan membuat kreasi-kreasi baru yang secara kontinu, berkelanjutan, terukur dan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat desa dan oleh UNS,"ujarnya.

"KKN adalah kawah candradimuka buat mahasiswa untuk memahami kehidupan masyarakat di 20 Kabupaten di Luar Pulau Jawa,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini