Share

Hardiknas, Para Siswa Harus Diajarkan Kritis pada Informasi di Media Sosial

Retno Tri Wardani, Okezone · Kamis 02 Mei 2019 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 01 65 2050217 hardiknas-para-siswa-harus-diajarkan-kritis-pada-informasi-di-media-sosial-UnGkuaQhxF.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Era digital saat ini membuat semua sistem menjadi lebih canggih dan cepat, begitu juga dengan pendidikan. Para siswa bisa dengan mudah mendapatkan informasi apapun termasuk dari media sosial.

Oleh karena itu, Pengamat Pendidikan Doni Koesoema menilai, perlunya adanya pembaruan dalam pendidikan di Indonesia. Hal ini harus menjadi semangat di tengah Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Baca Juga: Jelang Hardiknas, Menguatkan Komitmen Insan Pendidikan

“Belakang ini sosial media sendiri menjadi tantangan karena memang berhadapan langsung dengan akun pribadi dari siswa. Informasi dan data bahkan mengandung unsur yang negatif. Oleh karena itu lembaga pendidikan harus melatih dan memberi kemampuan kepada siswa untuk dapat mengkritisi infromasi yang mereka dapatkan secara objektif,” terang Doni kepada Okezone, Kamis (2/5/2019).

Baca Juga: 2 Kali Jadi Menteri Keuangan, Sri Mulyani: Saya Dengar Masih Ada Anak SD Tidak Bisa Baca

Dia mengatakan, pendidikan tersebut harus bisa melatih atau memberi kemampuan siswa-siswa untuk dapat mengolah, menggali informasi yang baik. Sehingga tidak semua hal yang diterima di media sosial dianggap sebagai sebuah kebenaran, padahal banyak manipulasinya.

“Banyak siswa yang belum paham dalam menggunakan sosial media karena bisa dijerat Undang-Undang ITE sehingga dengan mereka bisa dituntut orang ke pengadilan,” tuturnya. Bagi para siswa yang ingin mengasah kemampuan dalam tes UTBK bisa mengikuti uji coba secara gratis, silakan klik di sini : Try Out Online UTBK SBMPTN 2019.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini