Magang Bisa Tentukan Masa Depan, Simak 6 Manfaatnya

Vanni Firdaus Yuliandi, Okezone · Senin 22 Oktober 2018 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 22 65 1967295 magang-bisa-tentukan-masa-depan-simak-6-manfaatnya-E6bmOziVHy.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA –Terlepas dari masa pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi, mungkin Anda merasa panik tentang masa depan nanti seperti apa. Untuk menjawab tantangan itu, cara paling tepat adalah melakukan pelatihan atau biasa dikenal dengan magang.

Magang adalah salah satu rute yang dapat membantu kamu mengetahui masa depan kamu (untuk sementara bisa terlihat berkesan pada resume atau riwayat hidup). Menjadi karyawan magang dapat mengubah cara dalam melakukan berbagai hal, mulai mengatur waktu, memikirkan masa depan, dan mempersiapkan diri untuk di dunia kerja.

Pengalaman bukanlah aturan dengan hal yang buruk untuk dimiliki, dan magang dapat menjadi satu langkah dalam perjalanan menuju karir masa depanmu.

Baca Juga: Magang Kamu Berhasil Enggak? Cek 4 Tanda Ini

Melansir dari Hercampus.com, Senin (22/10/2018), berikut ini beberapa cara magang dapat mengubah hidup kamu saat Tim Hercampus.com berbincang bersama konselor karier di NYC, Allison Cheston.

1. Mencoba Sesuatu Yang Baru

Meskipun magang dapat membantu kamu bekerja dalam mengasah keterampilan yang sudah kamu miliki, magang juga dapat membuka pintu untuk membuat sebuah pengalaman baru yang mungkin tidak kamu pertimbangkan sebelumnya.

Konselor karier Allison Cheston mengatakan magang merupakan waktu yang ideal untuk mencoba pengalaman kerja yang berbeda untuk mengidentifikasi kekuatan dan minat.

"Terlalu dini bagi seorang mahasiswa untuk menjadi 100% yakin tentang pilihan karirnya. Ini bisa menjadi kesempatan untuk mencoba sesuatu yang baru. Kamu tidak pernah tahu apa yang akan memicu ide karir baru mu nantinya,” ucapnya.

Bahkan jika kamu tahu persis apa yang ingin kamu lakukan sebagai kariermu nantinya, magang selama di perguruan tinggi atau ketika mencari pekerjaan dapat memberi petunjuk kepada kamu tentang nuansa bidang kamu yang mungkin tidak kamu sadari.

Kamu bahkan dapat memperoleh magang yang membuat kamu mempertimbangkan jalur karier yang baru, serta membantu kamu dalam perjalanan untuk mengejar karier impianmu.

Baca Juga: Wow, Magang di Facebook Digaji Mencapai Rp106 Juta per Bulan

Senior di The University of Alabama Helmi Henkin mengatakan saat ini dirinya magang dengan kelompok advokasi kekerasan dalam rumah tangga dan berpendapat bahwa pengalaman magangnya lebih baik dari pada yang dia kira.

"Ini bukan pertunjukan glamor dan waktu di kantor biasanya tidak cepat atau menarik bagi imajinasi," akunya.

"Meskipun demikian, pengalaman yang saya miliki sebagai mahasiswa magang sangat tidak ternilai harganya. Saya dapat berkontribusi untuk bekerja sehingga kebanyakan orang harus menjalani pendidikan bertahun-tahun dan pelatihan untuk mendekatinya,” tambahnya.

Helmi menambahkan melalui tugas-tugas yang membosankan dari pekerjaannya, dia belajar apa artinya memiliki pekerjaan ini di masa depan dan memberinya banyak hal untuk dipikirkan.

(Feb)

2. Belajar Mengatur Waktu

Pada awalnya, magang mungkin tampak luar biasa karena adanya tanggung jawab tambahan dan komitmen waktu, meskipun hal itu mungkin terjadi pada waktu awal-awal saja.

Tetapi mengikuti jadwal magang mungkin nantinya akan membantu kamu memiliki keterampilan mengatur waktu kamu.

Cheston mengatakan manajemen waktu adalah keterampilan seumur hidup untuk diasah ketika masih di sekolah. Prinsip tersebutu juga berlaku antara di sekolah dan pekerjaan.

Baca Juga: Ini Deretan Tempat Magang dengan Gaji Tertinggi di AS (1)

“Cari tahu sistem terbaik kamu untuk melacak waktumu dan mengelola kewajibanmu. Setiap orang berbeda, jadi penting untuk menemukan sesuatu yang cocok untukmu. Cobalah untuk memulai semuanya lebih awal, dengan begitu dapat memberi kamu waktu yang kamu butuhkan dan menciptakan rasa yang tenang ketika kamu memulai harimu,” katanya.

Memiliki jadwal teratur dapat mendorong otak kamu menjadi lebih termotivasi untuk bangun lebih awal seperti kata Cheston. Meskipun mengatur waktu mungkin lebih sulit untuk dipahami, itu mungkin salah satu keterampilan yang paling berguna untuk dimiliki.

3. Akan Lebih Siap Untuk Pekerjaan di Masa Depan

Magang adalah batu loncatan dalam perjalanan menuju pekerjaan nyata. Karena ini, banyak cobaan dan kesengsaraan yang akan kamu alami sebagai bagian dari magang untuk akan mempersiapkan diri kamu dengan yakin, bekerja full time layaknya seperti bekerja di kantor sepanjang hari.

Cheston melihat bahwa para mahasiswa memiliki waktu yang sulit untuk bertransisi di kantor dan di meja sepanjang hari.

“Mereka merasa sulit untuk mengelola energi mereka. Saya menganjurkan untuk mengelola pola makan dan pola tidur diri kamu, dan memastikan kamu juga berolahraga secara teratur, ” jelas Cheston.

Baca Juga: Ini Deretan Tempat Magang dengan Gaji Tertinggi di AS (2-Habis)

Sesuatu seperti mempertahankan energi saat berada di meja kerja tidak mungkin berada di pikiran paling depan ketika mempertimbangkan pekerjaan di masa depan. Namun, magang dapat mengajarkan kamu bahwa kamu bukan tipe orang yang dapat melakukan pekerjaan kantor (mungkin menemukan bahwa pekerjaan itu cocok untukmu).

Terlepas dari itu, menjadi mahasiswa magang akan memungkinkan kamu untuk belajar lebih banyak tentang diri kamu sendiri, dan bagaimana kamu bekerja paling baik.

(Feb)

4. Meragukan Diri Sendiri

Sangat jelas bahwa magang dapat menjadi pengalaman yang bermanfaat, tetapi tidak dapat disangkal bahwa magang (terutama yang tidak dibayar) dapat menyebabkan kamu menebak-nebak diri kamu sendiri.

Jika kamu menghabiskan semua waktu dan usaha kamu dalam pekerjaan yang mungkin tidak dibayar, kemungkinan besar kamu harus merekonsiliasi diri dengan kenyataan bahwa diri kamu tidak akan menerima kompensasi uang untuk pekerjaan kamu.

Mahasiswa tahun kedua di The New School Isabela Espadas mengatakan bahwa dirinya sangat menyukai pengalaman magangnya di perusahaan Nirlaba yang berbasis di Atlanta.

Baca Juga: Dear Generasi Mahasiswa: Lebih Untung Investasi daripada Nabung

“Meskipun saya menyukai pengalaman, saya telah menemukan beberapa perjuangan yang tidak terduga. Tentu saja, banyak perusahaan tidak menawarkan kompensasi uang untuk magang mereka, tetapi setelah melihat seberapa banyak saya dapat berkontribusi untuk tim, saya menjadi sangat frustrasi karena tidak adanya gaji, ” katanya.

"Meskipun begitu, saya tidak menyesal menjalani pengalaman ini sama sekali, itu telah mengajari saya betapa berharganya waktu saya, dan bahwa tidak ada yang salah dengan kompensasi untuk kerja keras," tambahnya.

Baca Juga: Apa Arti Magang dan Manfaatnya bagi Mahasiswa?

Helmi menambahkan apabila kamu magang tanpa dibayar, pasti bisa membuat diri kamu stres dan tentunya kamu merasa seperti kamu menarik banyak beban berat, tetapi perusahaan juga berusaha untuk bisa mengurangi ketegangan ketika kamu bekerja misalnya dengan cara mendapatkan banyak wawasan tentang bagaimana karirmu dimasa depan akan terlihat.

5. Mendapatkan Pengalaman dengan Proses Aplikasi Pekerjaan

Seringkali, aplikasi magang memiliki spesifikasi umum yang sama dan membutuhkan dokumen yang sama seperti jika kamu melamar pekerjaan. Karena itu, melamar magang dapat memberi kamu dorongan ekstra yang kamu perlukan untuk menyempurnakan resume atau keterampilan wawancara.

“Kebanyakan orang dari semua tingkat tentu punya pengalaman menulis surat pengantar yang benar-benar buruk. Jika kamu dapat menulis satu yang berfokus pada apa yang dapat kamu lakukan untuk suatu organisasi atau perusahaan kamu layak untuk bisa menulis. Pikirkan tiga keterampilan yang kamu tawarkan dan gunakan poin-poin yang terpisah dari paragraf utama, untuk kemudahan membaca, ” jelas Cheston.

(Feb)

Bahkan sebelum kamu menjadi mahasiswa magang, proses aplikasi akan mengajarkan kamu pelajaran berharga yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan kamu ketika melangkah maju melewati pengalaman magang kamu dan tentunya siap untuk memulai melamar pekerjaan impian kamu.

6. Belajar Memikirkan Rekan Kerja Lebih dari Sekadar Orang yang Bekerja dengan Kamu

Pengintaian dapat menjadi yang pertama kalinya ketika kamu menghabiskan waktu dengan orang-orang di lingkungan kerjamu. Meskipun hal ini dapat menimbulkan kecemasan, pada akhirnya akan mengajari kamu cara beradaptasi dengan cara kerja rekan kerjamu, serta memberi kamu wawasan tentang gambaran yang lebih besar tentang tempat kamu bekerja.

Helmi mengatakan bahwa dirinya telah mengintip kehidupan sehari-hari rekan kerjanya dan mengikuti kasus mereka dari awal hingga akhir pada berbagai tahap proses dukungan.

“Jika kamu akhirnya magang di suatu tempat seperti universitas, pengalaman itu juga dapat membantu kamu mengenal para pejabat sekolah yang mungkin kamu sama sekali tidak mengenalnya,” katanya.

Mahasiswa tahun kedua di Amherst College yang magang di Amherst College of Admissions Bonnie Lin mengatakan bahwa sebagai mahasiswa perguruan tinggi generasi pertama, dirinya dapat mengenal kepala penerimaan mahasiswa dan mempelajari mekanisme di balik layar.

Menjadi karyawan magang mungkin terasa sulit pada awalnya. Namun, kamu mungkin dapat belajar lebih banyak tentang diri kamu saat melakukannya. Tidak ada yang mengatakan magang akan mudah, tetapi itu akan membantumu meraih kesuksesan di masa depan. Selamat berjuang!

(Feb)

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini