Share

5 Alasan Kenapa Memilih Gap Year, Nomor 3 Bisa Cari Pekerjaan

Rina Anggraeni, Sindonews · Senin 16 Mei 2022 08:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 16 65 2594789 5-alasan-kenapa-memilih-gap-year-nomor-3-bisa-cari-pekerjaan-OxVDsUG77f.jpg 5 Alasan Memilih Gap Year Foto (Okezone)

JAKARTA- Sebanyak 5 alasan kenapa memilih gap year yang harus dipahami. Gap year atau yang juga dikenal dengan istilah sabbatical year adalah sebuah periode di mana seseorang mengambil rehat dari sekolah untuk berpergian, bekerja, atau volunteer yang biasanya dilakukan setelah lulus SMA dan sebelum mulai kuliah.

Berikut 5 alasan kenapa memilih gap year yang bisa menguntungkan Anda :

1. Menemukan passion

Pada saat gap year, kamu dapat melakukan hal produktif lainnya. Kamu bisa mencari passion kamu, minat serta bakat. Dengan menemukan passion kamu ini, nantinya kamu akan lebih paham lagi tentang kemampuan diri.

2. Mematangkan diri sendiri

Siswa gap year dapat dibilang lebih matang dan dewasa, apabila kamu melakukan gap year dengan diiringi oleh kegiatan yang baik, maka kamu dapat menjadikan diri kamu lebih dewasa dan siap untuk kuliah.

3. Waktu untuk refleksi diri

Refleksi diri ini dibutuhkan untuk kamu yang masih tidak tau tujuan kuliah. Apabila minat kamu telah sesuai dengan apa yang kamu refleksikan, maka kamu akan siap untuk menghadapi perkuliahan.

4. Membangun CV dan pengalaman kerja

Mencari pekerjaan di zaman sekarang bukanlah perkara gampang. Persaingan yang ketat serta ketersediaan lapangan kerja menjadi faktor sulitnya mencari kerja saat ini. Apalagi bagi lulusan baru yang umumnya belum memiliki pengalaman. Padahal, pengalaman biasanya dijadikan salah satu syarat di sebuah perusahaan.

Nah, dengan mengambil Gap Year, kamu memiliki waktu jeda yang cukup untuk membangun CV atau menambah pengalaman yang bisa kamu cantumkan di CV. Mulai dari menjadi volunteer, freelance, atau mengerjakan proyek sendiri.

5. Belajar keterampilan lain

Belajar keterampilan lain merupakan  5 alasan kenapa memilih gap year perlu dilakukan. Ini salah satu keuntungan besar dalam mengambil masa jeda ini. Pasalnya, waktu luang yang banyak itu bisa kamu gunakan untuk menambahkan keterampilan yang dibutuhkan saat ini. Misalnya, belajar menulis, fotografi, berbisnis, atau belajar bahasa asing. (RIN)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini