Share

PPATK Gelar Debat Mahasiswa, Juaranya dari Universitas Indonesia

Nandha Aprilia, MNC Media · Minggu 27 Maret 2022 10:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 27 65 2568548 ppatk-gelar-debat-mahasiswa-juaranya-dari-universitas-indonesia-fGuFhNvW1I.jpg Ilustrasi (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengumumkan tiga universitas bergengsi menjadi pemenang lomba debat mahasiswa dengan mengusung tema 2 Dekade Gerakan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU-PPT).

Dalam pagelaran lomba debat mahasiswa ini, Universitas Indonesia unggul pada peringkat pertama dan disusul oleh Universitas Gadjah Mada, dan UIN Sunan Kalijaga sebagai juara ketiga.

Dhira Gulista selaku ketua panitia menjelaskan bahwa perlombaan ini diikuti oleh 23 Universitas yang tersebar di Indonesia.

Para peserta lomba lebih dulu diminta untuk mengirimkan karya ilmiah terkait pencucian uang sebelum akhirnya dipertemukan satu sama lain dalam sesi debat.

β€œPeserta yang mendaftar tahun ini menurun, mungkin masih karena faktor pandemi. Dari 23 tim, yang terseleksi hanya enam untuk masuk babak semifinal berupa kompetisi debat,” paparnya dalam keterangan yang diterima MNC Portal Indonesia, Minggu (27/3/2022).

kemudian dilanjutkan penilaian secara tertutup oleh dewan juri dari internal PPATK menjadi hanya enam universitas yakni Universitas Brawijaya Malang, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin, Universitas Indonesia, UIN Sunan Kalijaga, dan Universitas Udayana.

Menurut Dhira Gulista lomba debat mahasiswa ini merupakan agenda tahunan yang digelar PPATK sejak 2015.

Ajang ini dilakukan sebagai wujud sinergitas dengan kalangan akademisi dan generasi muda, untuk mengeksplor wawasan tentang kasus-kasus, isu-isu, kebijakan negara, dan hukum tentang pencucian uang.

"Melalui kegiatan ini, kami ingin mempersiapkan generasi muda yang nantinya akan memegang kendali bangsa, termasuk gerakan APU-PPT,’’ jelasnya.

Kendati demikian, diakui Dhira pada saat sesi debat cara peserta menjatuhkan mental lawan debat masih halus.

β€œSikap mereka juga ada yang tegas, nervous, macam-macam. Seru sekali,” ungkapnya.

Kepala PPATK Ivan Yustiavandana menuturkan bahwa kegiatan tersebut akan terus dilaksanakan pada tahun-tahun mendatang.

Sebab, PPATK adaah salah satu superhub yang dminta Kemendikbud untuk menjembatani kalangan akademis dengan dunia kerja.

"Insya Allah akan kita lakukan di tahun-tahun ke depan. Tolong sampaikan saja pada teman-teman mahasiswa, network kalian, bahwa kami sangat berkeinginan kegiatan ini akan terus dilaksanakan,’’ paparnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini