Tips Hari Pertama Kerja untuk Karyawan Baru

Senin 15 Oktober 2018 07:37 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 13 65 1963627 tips-hari-pertama-kerja-untuk-karyawan-baru-8TH9Vh153o.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Bagaimana perasaanmu saat akan menghadapi hari pertama kerja? Senang? Atau justru khawatir? Jika merasa khawatir, sobat tidak sendiri. Kebanyakan karyawan baru juga mengalami hal yang sama dan hal itu wajar, jadi sobat tidak perlu panik.

Untuk sobat yang merasa mudah gugup dapat menghadapinya mengikuti tips yang perlu dilakukan di hari pertama kerja yang tentunya ini semua juga berkaitan dengan proses adaptasi dan diharapkan sobat bisa segera bekerja dengan maksimal. Demikian seperti dikutip karirpad, Jakarta, Senin (15/10/2018).

Cari fakta-fakta soal Perusahaan

Walaupun sebagian besar dari sobat sudah melakukan research mengenai perusahaan terutama untuk persiapan interview, tidak ada salahnya jika sobat kembali mereview hal ini. Luwangkan waktu sebelum bekerja untuk mempelajari perusahaan. Cari tahu mengenai sejarah perusahaan, visi misi, produk dan budaya kerjanya. Ini akan membuat sobat lebih siap untuk beradaptasi dengan lingkungan kantor.

Baca Juga: Tak Ingin Stres, Generasi Milenial Ingin Budaya Kerja Seperti Ini

Istirahat yang cukup sebelum masuk kerja

Kesan pertama itu penting, lho. Ciptakan kesan sebagai karyawan yang bersemangat sejak hari pertamamu. Caranya? Kurangi rasa khawatirmu pada apa yang akan terjadi di kantor baru dan tidurlah lebih awal pada malam sebelumnya. Pastikan sobat memiliki waktu istirahat yang cukup agar tidak lesu di hari pertamamu.

Pilih dress code yang sesuai

Hal lain yang dapat mempengaruhi kesan pertama rekan dan atasanmu adalah pakaian. Cara berpakaian sering kali dianggap sebagai cerminan kepribadian seseorang, untuk itu sobat perlu memperhatikan pakaianmu sejak hari pertama kerja.

Pastikan sobat datang sesuai dengan pakaian yang digunakan perusahaan. Sobat bisa mencari tahu saat datang interview atau bertanya pada karyawan perusahaan. Tunjukan profesionalitas sobat dengan berpakaian rapih.

Pasang alarm lebih pagi

Baca Juga: 11 Hal yang Harus Dilakukan dalam 15 Menit Sebelum Wawancara Kerja

Terlambat kerja bukanlah hal yang baik, apalagi jika dilakukan sejak hari pertama kerja. Kalau hari pertama saja sudah terlambat, sobat tentu akan mendapatkan kesan pertama yang kurang baik dan dinilai kurang persiapan.

Sebagai karyawan baru, akan lebih baik jika sobat datang ke kantor lebih awal. Pasang alarmmu setengah atau bahkan satu jam lebih awal dari biasanya agar bisa datang 10 hingga 15 menit sebelum jam masuk kerja di hari pertama. Bukankah lebih menyenangkan jika atasan melihatmu duduk menanti daripada berlari-lari karena terlambat?

Siapkan diri untuk berkenalan dengan rekan kerja yang lain

Berinisiatiflah untuk berkenalan dengan rekan barumu. Sapa dan perkenalkanlah diri sobat pada setiap orang yang sobat temui di kantor. Dengan memperkenalkan diri, sobat akan lebih mudah beradaptasi dan memberi kesan ramah sehingga rekanmu akan lebih mudah terbuka untuk membantumu beradaptasi dengan tugas-tugas baru.

Belajar bersikap profesional

Dalam bekerja, profesionalitas itu sangat dibutuhkan, lho. Tunjukan profesionalitasmu sejak hari pertama bekerja. sobat bisa memulainya dengan menunjukan bahwa sobat bisa memisahkan pekerjaan dengan kepentingan pribadi, dengan fokus bekerja misalnya. Jauhkan hal-hal yang bisa mengganggu konsentrasimu.

Persiapkan diri untuk tinggalah di kantor lebih lama

Di hari pertama atau minggu pertamamu, cobalah untuk habiskan waktu lebih lama di kantor, meskipun pekerjaanmu sudah selesai. Bingung mau melakukan apa? sobat bisa mencatat dan mereview kembali apa yang didapatkan pada hari itu, membuat jadwal untuk besok, atau berbincang dengan rekan lain. Dengan tinggal lebih lama dan melakukan hal tersebut, sobat bisa meninggalkan kesan bahwa sobat benar-benar ingin belajar.

Nah gimana sobat? beberapa tips diatas semoga bisa membantu sobat untuk tidak gugup dan dapat mempersiapkan diri di hari pertama kerja. Selamat beraktivitas kembali dan sukses dimapun sobat berada!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini