Share

Tak Semua Kampus di Arab Saudi Terima Mahasiswa Perempuan Lho

Susi Fatimah, Okezone · Rabu 01 Maret 2017 15:56 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 01 65 1631381 tak-semua-kampus-di-arab-saudi-terima-mahasiswa-perempuan-lho-BqMhXYCTC0.jpg King Saud University (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Di Arab Saudi, ada tiga kampus yang masuk 300 besar dunia berdasarkan QS University Rankings. Arab Saudi dapat dikatakan mengalami perkembangan cukup pesat dalam sistem pendidikan.

Disitat dari Top Universities, King Fahd University of Petroleum & Minerals terpilih sebagai kampus terbaik di Timur Tengah dan di tingkat regional Arab. Kampus yang berdiri sejak 1963 ini menduduki peringkat ke-189 untuk periode 2016/2017.

Berlokasi di Dhahran, terdapat sekira 7.000 lebih mahasiswa kuliah di sana. Sayangnya, mahasiswa perempuan tidak diterima di kampus ini. Di Arab Saudi ada aturan bahwa perempuan yang akan menempuh pendidikan di ARab Saudi harus memiliki mahram yang juga tinggal di Arab Saudi baik sebagai mahasiswa maupun pekerja.

Bahkan di Ummul Qura University, perempuan yang akan menempuh pendidikan disyaratkan saat mendaftar menyertakan scan kartu iqomah mahram.

Jika mahram adalah suami maka menyertakan akta nikah. Namun jika mahramnya adalah orang tua atau saudara kandung laki-laki dapat menyertakan kartu keluarga.

Berbeda dari King Fahd University of Petroleum & Minerals, King Saud University justru menerima mahasiswa perempuan. Bahkan, jumlah mahasiswa internasionalnya cukup banyak, mencapai 1.100 mahasiswa. Secara keseluruhan, ada sekira 51 ribu mahasiswa kuliah di kampus ini.

Hal yang sama juga dilakukan oleh King Abdulaziz University. Kampus yang berdiri sejak 1967 itu memiliki lebih dari 82 ribu mahasiswa perempuan dan laki-laki. Namun bangunan kampus terbagi menjadi dua bagian untuk memisahkan mahasiswa perempuan dan laki-laki.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini