Share

Kuliah dengan Kurikulum Arab, Belajar Apa Aja Ya?

Iradhatie Wurinanda, · Kamis 02 Maret 2017 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 02 65 1632232 kuliah-dengan-kurikulum-arab-belajar-apa-aja-ya-xGqsrvNRPK.jpg Foto: Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) menjadi salah satu alternatif bagi pelajar yang ingin mendalami agama Islam, tanpa perlu kuliah di Arab Saudi. Di sini, para mahasiswa akan mendapat kurikulum seperti yang diberlakukan di kampus induk, yakni Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud di Riyadh, Arab Saudi.

Layaknya kuliah di kampus Arab Saudi, pembelajaran sepenuhnya menggunakan bahasa Arab. LIPIA Jakarta menyediakan dua program, yakni jenjang S-1 dan Diploma. Jenjang S-1 ini ditawarkan di Fakultas Syariah, sedangkan Diploma diberikan bagi guru bahasa Arab. Tersedia pula jurusan Manajemen Keuangan dan Perbankan Islam pada jenjang Diploma IV.

Dilansir dari Academia, jurusan Syariah akan menyiapkan mahasiswa menjadi seorang pakar ilmu syariah, bahasa Arab, dan pendidikan. Masa studi yang dibutuhkan pada jurusan ini, yakni empat tahun. Setelah lulus, mahasiswa akan mendapat gelar Bachelor atau License (Lc).

Selanjutnya, jurusan pendidikan guru atau Diploma akan memberikan ijazah Diploma Umum di bidang Metodologi Pengajaran Bahasa Arab bagi Non-Arab. Lama untuk menamatkan pendidikan pada program ini adalah dua semester atau satu tahun.

Para mahasiswa sendiri sebelumnya harus menjalani tahap I'dad Lughawy atau persiapan bahasa. Tahap ini dilakukan dua tahun pertama masuk kuliah. Mata kuliah pada level ini di antaranya, Alquran dan tafsir, Hadits, Tauhid, fiqh, Ushul Fiqh, Tarikh Islam, kultur Islam, phonologi dan keterampilan menyimak, keterampilan membaca, language drill, imla dan khat, mengarang, tata bahasa, teks pilihan, sastra Arab, balaghah, serta keterampilan berbicara.

Tahapan berikutnya, yakni takmily atau pendidikan prakuliah selama satu tahun. Mata kuliah yang dipelajari pada dua semester ini adalah Alquran, Tafsir Ushul Tafsir, Hadits dan Mushthalah Hadits, Tauhid, fiqh, Ushul Fiqh, Tarikh Islam, kultur islam, nahwu dan sharf, balaghah, sastra dan teks pilihan, serta keterampilan bahasa Arab.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini