Share

Doraemon-A, Penyedot Asap Kendaraan Bermotor Atasi Polusi Kota

Iradhatie Wurinanda, · Selasa 16 Agustus 2016 09:14 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 15 65 1464305 doraemon-a-penyedot-asap-kendaraan-bermotor-atasi-polusi-kota-uDmx643Y8M.jpg Foto: Dok. Okezone

JAKARTA - Polusi udara menjadi permasalahan klasik di perkotaan. Pertumbuhan kendaraan bermotor menjadi penyebab utamanya. Belum lagi ditambah perkembangan industri yang pesat.

Gas-gas beracun seperti karbon dioksida akibat polusi tersebut berbahaya bagi tubuh manusia. Oleh sebab itu, sekelompok mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro Semarang menciptakan alat penyedot asap kendaraan bermotor bernama Doraemon-A.

Para mahasiswa kreatif tersebut, terdiri atas Zakiy Anwar Fakhri, Filmada Ocky, dan Happy Rizky Utami. Zakiy menjelaskan, sistem kerja alat adalah dengan dipasang di sudut-sudut kota yang akan menyerap polusi udara dari kendaraan dan masuk ke filter.

"Persentase penurunan polusi dari total jumlah yang masuk ke filter mencapai 80 persen," ujarnya dinukil dari keterangan tertulis yang diterima Okezone, Selasa (16/8/2016).

Proses pembuatan Doraemon-A memakan waktu selama enam bulan. Tiga bulan pertama dilakukan uji laboratorium alat untuk menetralisasi, dan tiga bulan berikutnya untuk penyelesaian alat.

"Proses percobaan dalam pembuatan alat menghabiskan dana Rp2 juta dan akan ditekan pada saat produksi massal," ucapnya.

Karya Zakiy dan timnya sendiri merupakan salah satu inovasi dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-29 yang berlangsung belum lama ini. Tim binaan Dedi Nurcipto itu tergabung dalam kategori program kreativitas mahasiswa (PKM) bidang karsa cipta.

Tahun ini, Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi tuan rumah Pimnas 2016. Terdapat 460 kelompok PKM yang berasal dari 145 perguruan tinggi seluruh Indonesia mengikuti ajang bergengsi tersebut. (ira)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini