Share

Siswa SD di Gresik Ciptakan Robot Pesumo

Agus Ismanto, Sindo TV · Kamis 01 September 2016 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 01 65 1478386 siswa-sd-di-gresik-ciptakan-robot-pesumo-t42Fp0QtML.jpg Foto: Ilustrasi

GRESIK - Siswa sekolah dasar (SD) di Gresik, Khoiruddin Fadli Rafli dan Fajrul Falakh, menciptakan sebuah robot pesumo yang lincah serta memiliki daya dorong yang kuat. Bahkan robot pesumo ini berhasil menjuarai Olimpiade Islamic School robot tingkat nasional.

Pihak sekolah sendiri ingin mengembangkan robot tersebut dengan memanfaatkan teknologi sensor. Sebab, robot tersebut telah menjadi bagian dari pendidikan kreatif pada anak didiknya.

Robot yang memiliki berat 1 kilogram ini sangatlah sederhana. Dengan memanfaatkan rangkaian mesin canon ball, casing pelat aluminium, pelat besi, dan baterai, sudah bisa menjadi tenaga penggerak pada motornya.

Rafly mengatakan robot yang dibuatnya itu cukup ringan, kuat, serta tahan pada benturan. Kelincahan robot tersebut telah membuat mereka bisa menjuarai olimpiade yang diselenggarakan di Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut.

Siswa SD Muhammadiyah Gresik itu sengaja memilih bahan baku dari pelat aluminium dan besi agar robot tersebut ringan dan kuat. Selain itu, untuk menyeimbangi digunakan juga joy stick sebagai pengendali robot pesumo.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini