Banyak Mahasiswa Tak Terbiasa Menulis Ilmiah

Afriani Susanti , Okezone · Kamis 25 Februari 2016 20:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 25 65 1321319 banyak-mahasiswa-tak-terbiasa-menulis-ilmiah-I1AgWEDH3r.jpg Latihlah diri untuk terbiasa menulis Ilmiah agar memudahkanmu mengerjakan tugas akhir. (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Mengerjakan tugas akhir hingga berbulan-bulan bisa jadi sangat membosankan. Bagi mahasiswa yang tidak terbiasa menulis, hal ini pasti menjadi hambatan tersendiri, apalagi jika tidak terbiasa menulis secara ilmiah.

Direktur Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Abdillah menuturkan, ketidakbiasaan mahasiswa menulis Ilmiah itulah yang membuat mereka cenderung lama dalam menyelesaikan tugas akhir.

"Mahasiswa kita ini secara psikologis tidak terbiasa untuk menulis dan mengetik. Memang ada beberapa mahasiswa yang secara akademik cerdas namun kemampuan menulisnya masih kurang," ujar Abdillah, di Kemristekdikti, Jakarta, belum lama ini.

Kemalasan menulis, kata Abdillah, bisa jadi lebih parah ketika mahasiswa harus menjalani masa revisi tugas akhir. Tak ayal, proses perampungan tugas akhir pun kian mulur.

"Karena tidak terbiasa menulis tadi akhirnya memperlama proses penyelesaian tugas akhir," ujarnya.

Abdillah menambahkan, selain melawan rasa malas, mahasiswa harus aktif menghubungi dosen pembimbing mereka. Karena aktif berkomunikasi dengan dosen menjadi salah satu kunci cepat selesainya tugas akhir.

" Biasanya yang aktif ini yang agak cepat selesai," tambahnya. (afr)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini