Share

Banyak Siswa MTs Tak Lanjut ke Madrasah Aliyah

Afriani Susanti , Okezone · Rabu 21 Oktober 2015 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 21 65 1235561 banyak-siswa-mts-tak-lanjut-ke-madrasah-aliyah-XvTqa6jep1.jpg Suasana kegiatan belajar mengajar di kelas. (Foto: dok. Okezone)

JAKARTA - Jumlah siswa dari madrasah tsanawiyah (MTs, setingkat SMP) yang melanjutkan pendidikan ke madrasah aliyah (MA, setingkat SMA) tidak sebanding. Hanya separuh dari total siswa yang lulus MTs meneruskan studi mereka ke MA.

Direktur Pendidikan Madrasah, Kementerian Agama (Kemenag), Prof. Dr. Phil. H. M. Nurkholis Setiawan, MA, mengungkapkan, salah satu alasan siswa lulusan MTs tidak melanjutkan pendidikannya di MA adalah karena tidak tertarik.

"Ada yang mungkin melanjutkan ke SMA atau SMK. Banyak juga yang memilih belajar di pesantren," ujar Nurkholis di Kemenag, Rabu (21/10/2015).

Nurkholis mengimbuhkan, kebanyakan siswa perempuan memilih menjadi santri. Di pesantren, mereka pun fokus belajar menghafal Alquran.

"Jadi tidak heran bila pesantren bisa meluluskan penghafal-penghafal Alquran atau hafidz," ujarnya.

Saat ini, 4,4 juta anak Indonesia menempuh studi di pesantren pada jenjang sekolah dasar. Banyaknya jumlah santri tersebut menunjukkan bahwa pendidikan berbasis Islam tidak bisa diabaikan, apalagi sektor ini juga berpengaruh pada terwujudnya wajib belajar 12 tahun.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini