Kemenag Usulkan Penambahan Dirjen Khusus Tangani Pondok Pesantren

Widya Michella, MNC Media · Rabu 04 Agustus 2021 10:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 65 2450609 kemenag-usulkan-penambahan-dirjen-khusus-tangani-pondok-pesantren-PQXP5k6wWE.jpg Menteri Agama, Yaqut (foto: Dok Kemenag RI)

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) RI tengah menyiapkan usulan sekaligus kajiannya untuk menambah satu Direktorat Jenderal yang khusus menangani Pesantren.

Baca juga: Kemenag Alihkan Bantuan Masjid Daerah 3T untuk Zona Orange dan Merah Covid-19

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas saat silaturahmi daring dengan pengurus Yayasan Daarul Qur'an menyebut, ada sekitar 52 ribu pesantren binaan Kemenag. Sementera anggaran yang disiapkan hanya sedikit untuk pesantren yakni kurang lebih Rp500 miliar setiap tahunnya.

"Diharapkan dengan terbentuknya Direktorat Jenderal Pesantren, maka pesantren akan mendapat afirmasi yang layak," jelas Menteri Yaqut dikutip pada laman resmi Kemenag, Rabu,(4/8/2021).

Baca juga:  Wapres Luncurkan Program 'Kita Jaga Kiai' Penghargaan Negara Kepada Ulama

Pada pertemuan ini juga membahas peningkatan kemandirian pesantren salah satunya dengan pengembangan ekonomi pesantren. Program ini sebagai amanah dari Undang-undang Pesantren dan Menag berharap pada 2024, ada 5.000 pesantren mandiri yang dapat menghidupkan dirinya sendiri dan menghidupkan ekonomi di lingkungan pesantren.

"Ketika kami berdiskusi dengan Presiden, salah satu mandatori utama dari Kemenag adalah melaksanakan UU Pesantren. Artinya bukan hanya dari sisi dakwah pesantren ini tapi juga dari sisi ekonominya sehingga pesantren didorong untuk bisa mandiri," harap Menag.

(rhs)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini