Share

Rumus Kimia Metana, Pengertian dan Karakteristiknya

Fatmawati, Okezone · Sabtu 01 Oktober 2022 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 01 623 2678745 rumus-kimia-metana-pengertian-dan-karakteristiknya-YTt6Hxm8pa.jpg Illustrasi (foto: Okezone)

JAKARTA – Metana adalah hidrokarbon paling sederhana yang berbentuk gas dengan rumus kimia CH4. Umumnya pada metana murni tidak memiliki bau, namun jika digunakan untuk keperluan komersial biasanya matana ditambahkan sedikit bau belerang untuk mendeteksi kebocoran yang mungkin terjadi.

Metana merupakan komponen utama gas alam, yang menjadi sumber bahan bakar utama. Pada pembakaran satu molekul metana dengan oksigen akan melepaskan satu molekul CO2 (karbondioksida) dan dua molekul H2O (air).

CH4 + 2O2 → CO2 + 2H2O

 BACA JUGA:Rumus Kimia Kalsium Fosfat Beserta Manfaatnya

Selain itu, metana juga merupakan salah satu gas rumah kaca. Pada tahun 1998, konsentrasi metana di atmosfer yang dinyatakan dalam mol, yaitu 1.745 mnol/mol (bagian per miliar), naik dari 700 nmol/mol pada tahun 1750. Sedangkan pada tahun 2008, kandungan gas metana di atmosfer kian meningkat menjadi 1.800 nmol/mol.

Karakteristik Metana

Berikut adalah karakteristik yang dimiliki oleh senyawa kimia metana:

1. Metana merupakan molekul tetrahedral, memiliki 4 ikatan C-H yang ekuivalen. Keempat ikatan ini sebagai penjelas dari struktur elektronik ikatan orbital molekul yang dihasilkan oleh orbital valensi C dan H yang saling melengkapi.

 BACA JUGA:Rumus Kimia Aseton dan Kegunaannya

2. Energi orbital molekul yang kecil dihasilkan dari orbital 2s pada atom karbon yang saling berpasangan dengan orbital 1s dari 4 atom hidrogen.

3. Dalam suhu ruangan dan tekanan standar, metana merupakan gas yang tidak berwarna dan tidak berbau.

4. Bau pada metana berasal dari penambahan odoran seperti metanatiol atau etanathiol yang sengaja dibuat dengan alasan keamanan jika terjadi kebocoran.

5. Memiliki titik didih −161 °C (−257.8 °F) pada tekanan 1 atmosfer.

6. Metana mudah terbakar jika konsentrasinya mencapai 5-15% di udara.

7. Berbentuk cair tidak akan terbakar kecuali diberi tekanan tinggi (4-5 atmosfer).

Seperti itulah penjelasan mengenai rumus kimia Metana beserta pengertian dan karakteristik yang dimilikinya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini