Share

Rumus Kimia Kalsium Fosfat Beserta Manfaatnya

Fatmawati, Okezone · Jum'at 30 September 2022 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 624 2678145 rumus-kimia-kalsium-fosfat-beserta-manfaatnya-rbsyMOqK66.jpg Ilustrasi/Wikipedia

JAKARTA - Kalsium fosfat memiliki peran penting dalam memperbaiki serta memperkuat tulang dan gigi.

Semakin tinggi fosfat, maka kadar kalsium akan semakin rendah.

Rumus kimia dari Kalsium Fosfat adalah Ca3(PO4)2. Dikutip dari Alodokter, fosfat adalah sebuah partikel yang mengandung mineral fosfor. Mineral inilah yang dibutuhkan tulang, gigi, otot, dan saraf.

Pada tulang, fosfat tidak hanya bekerja sendiri melainkan terdapat beberapa zat yang ikut menyokong fungsi fosfat terhadap tulang.

Salah satunya yaitu vitamin D yang membantu penyerapan ion fosfat di usus. Fosfat juga bekerja sama dengan kalsium dalam memperkuat tulang.

Kedua zat yang saling mendukung ini akan menjaga kadar yang seimbang. Saat kadar fosfat sudah cukup, tubuh dengan sendirinya hanya akan menyerap sedikit kalsium, begitu juga sebaliknya.

Mengutip dari Alomedika, kalsium fosfat umumnya tersedia sebagai suplemen over the counter (OTC), antasida, ataupun bahan tambahan dalam pasta gigi.

Pasta gigi yang mengandung kalsium fosfat adalah sumber ion kalsium dan fosfat yang berguna untuk remineralisasi gigi.

Sedangkan pada antasida, kalsium fosfat bereaksi dengan asam di lambung untuk menaikkan kadar pH.

Kalsium fosfat juga biasanya dipakai sebagai obat untuk mengatasi kadar kalsium rendah dalam darah atau hipokalsemia.

Kalsium fosfat digunakan sebagai suplemen kalsium bagi seseorang yang berpeluang alami kekurangan kalsium seperti wanita hamil, ibu menyusui, wanita pasca-menopause, dan juga orang-orang yang sedang menjalani pengobatan phenytoin, phenobarbital, atau prednisone.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini