Share

Proses Pemisahan Campuran dengan Metode Sentrifugasi

Cita Zenitha, MNC Portal · Minggu 03 Juli 2022 07:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 02 624 2622395 proses-pemisahan-campuran-dengan-metode-sentrifugasi-3WdUJR3RTw.jpg Proses pemisahan campuran dengan metode sentrifugasi/Ilustrasi/Freepik

JAKARTA - Proses pemisahan campuran dengan metode sentrifugasi dapat dilakukan dengan gaya sentrifungal

Proses pemisahan menggunakan metode sentrifugasi bertujuan untuk mengendapkan zat terlarut. Pengendapan ini akan memisahkan massa jenis yang lebih berat dari pelarutnya.

Biasanya metode sentrifugasi digunakan untuk penelitian analisis biomolekuler. Sebab dalam pemisahannya zat tidak akan mengalami kerusakan.

Contoh sentrifugasi dalam kehidupan sehari-hari seperti memisahkan bubuk kapur dari air. Atau pada analisis forensik yaitu memisahkan komponen urin dari darah.

Untuk lebih jelas mengenai proses pemisahan campuran dengan metode sentrifugasi perhatikan penjelasan berikut.

Proses Pemisahan Campuran Dengan Metode Sentrifugasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa metode sentrifugasi menggunakan prinsip kerja sentrifugal. Lalu, apa itu gaya sentrifugal?

Sentrifugal adalah suatu metode gaya yang menggunakan gaya gravitasi sebagai proses kerjanya. Semakin cepat perputaran yang terjadi pada saat proses ini berlangsung maka semakin tinggi pula gaya yang gravitasi yang dihasilkan.

Komponen utama yang digunakan pada sentrifugasi adalah motor sebagai alat pemutar. Motor yang digunakan pada sentrifugal ada dua yaitu rotor dan stator.

Jika sudah tersambung listrik, dua alat tersebut akan menimbulkan medan magnet. Kemudian alat tersebut akan berputar memisahkan kandungan terdapat suatu sampel.

Metode sentrifugal banyak digunakan dalam laboratorium seperti memeriksa sampel darah, memisahkan mikroba, memisahkan komponen menjadi dua fase dan masih banyak lagi.

Itulah penjelasan secara ringkas mengenai proses pemisahan campuran dengan metode sentrifugasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini