Share

Proses Pemisahan Campuran dengan Metode Penyaringan

Cita Zenitha, MNC Portal · Minggu 03 Juli 2022 06:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 02 624 2622393 proses-pemisahan-campuran-dengan-metode-penyaringan-sn5n9KNtGZ.jpg Proses pemisahan campuran dengan metode penyaringan/Ilustrasi/Freepik

JAKARTA - Proses pemisahan campuran dengan metode penyaringan dilakukan untuk memisahkan zat cair dengan zat padatan.

Setelah melakukan pelarutan akan didapati cairan dan partikel padatan yang tidak bersatu. Untuk itu pemisahannya dapat dilakukan dengan cara penyaringan.

Prinsip kerjanya, adanya perbedaan partikel dan zat yang tercampur akan memisahkan dari cairan dan padatan. Dalam metode ini menggunakan alat penyaring berpori.

Saat cairan atau padatan padatan yang tidak tercampur menggunakan metode ini maka partikel terkecil akan melalui penyaring dengan mudah. Sedangkan partikel besar akan tertahan pada penyaring.

Untuk lebih dalam mengetahui proses pemisahan campuran dengan metode penyaringan perhatikan penjelasan berikut ini.

Proses Pemisahan Campuran dengan Metode Penyaringan

Salah satu proses penyaringan yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari adalah menyaring seduhan kopi.

Proses penyaringan sendiri berbeda-beda tergantung dari jenis penyaringannya. Berikut adalah jenis penyaringan dan proses pemisahannya.

Proses penyaringan umum menggunakan gaya gravitasi untuk memisahkan campuran. Pertama, kita menuangkan terlebih dulu campuran ke atas media saring. Kemudian, gaya gravitasi akan menarik (mengalirkan) cairan ke bawah dan menyisakan padatan pada alat saring.

Demikianlah secara singkat penjelasan mengenai proses pemisahan campuran dengan metode penyaringan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini