Share

4 Fakta Unik dari Pengumuman SBMPTN 2022, Ada Prodi Alami Penurunan Minat

Almas Taqiyya, Litbang Okezone · Sabtu 02 Juli 2022 06:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 65 2621891 4-fakta-unik-dari-pengumuman-sbmptn-2022-ada-prodi-alami-penurunan-minat-pIZzGUr0L6.jpg Ilustrasi/Sindonews

JAKARTA - Para siswa kelas tiga SMA dan sederajat tentu sangat menunggu-nunggu pengumuman hasil SBMPTN 2022, yang keluar pada 23 Juni 2022 lalu.

Pengumuman tersebut merupakan salah satu penentu apakah seorang siswa bisa melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi negeri atau tidak.

Walaupun pengumuman SBMPTN 2022 sering kali mendebarkan bagi siswa, terdapat juga sejumlah fakta unik di baliknya.

Berikut fakta-fakta unik dari pengumuman SBMPTN 2022.

1. PTN dengan Siswa Nilai Tertinggi Kembali Diraih oleh UGM

Setelah pengumuman SBMPTN 2022 keluar, diketahui bahwa Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali mendapatkan sejumlah siswa dengan nilai SBMPTN tertinggi.

Pencapaian ini bahkan mendapat ucapan langsung dari Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mochamad Ashari.

Tercatat dalam data statistik Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2022, setidaknya terdapat lima siswa dengan nilai tertinggi di jurusan Saintek dan lima siswa dengan nilai tertinggi di jurusan Soshum yang diterima oleh UGM.

2. Turunnya Peminat di Prodi Pertanian dan Pendidikan Kejuruan


Tidak dapat dipungkiri, dalam SBMPTN terdapat sejumlah jurusan yang menjadi pilihan favorit siswa ketimbang jurusan lainnya.

Tercatat bahwa prodi pertanian dan pendidikan kejuruan kurang diminati para calon mahasiswa dalam SBMPTN 2022 ini.

Dirjen Diktiristek Kemendikbud Ristek Nizam pada video konferensi pers yang diunggah di YouTube LTMPT OFFICIAL turut menjelaskan hal ini.

Ia mengatakan bahwa kendati Indonesia sudah masuk sebagai negara industri dan jasa, namun 40% masyarakatnya masih bergantung kepada hasil pertanian.

Maka, juruan pertanian akan terus dibutuhkan ke depannya.

Begitu pula dengan pendidikan kejuruan.

Nizam menyampaikan bahwa lembaga vokasi kerap kesulitan untuk mencari guru-guru SMK karena sedikit minat dari calon mahasiswa yang mengambil program studi bidang pendidikan kejuruan.

3. Ada 200 peserta UTBK SBMPTN 2022 Ketahuan Curang

Dalam video konferensi pers di YouTube LTMPT OFFICIAL, Mochamad Ashari selaku Ketua LTMPT juga menemukan ratusan kecurangan saat pelaksanaan UTBK 2022.

Ia menerangkan bahwa terdapat sekitar 200 peserta yang melakukan kecurangan di UTBK SBMPTN 2022.

Jumlah ini sedikit berkurang dari kecurangan UTBK tahun lalu, ketika terdapat sekitar 300 kecurangan di UTBK 2021.

Adapun peserta yang melakukan kecurangan akan langsung didiskualifikasi.

Kemudian, LTMPT juga tidak akan menerbitkan nilai UTBK SBMPTN mereka.

4. 9 Calon Mahasiswa Kedokteran Raih Nilai Tertinggi UTBK SBMPTN 2022

Masih dalam video konferensi pers Pengumuman Hasil SBMPTN 2022, Mochamad Ashari mengungkapkan pula bahwa terdapat 10 peserta yang berhasil mendapatkan nilai UTBK tertinggi di masing-masing kelompok ujian.

Untuk jurusan Saintek, terdapat salah satu siswa yang menduduki peringkat pertama nilai tertinggi SBMPTN 2022 dengan nilai sebesar 830,98.

Ia memilih Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) Komputasi Institut Teknologi Bandung (ITB). Adapun sembilan mahasiswa lainnya memilih jurusan kedokteran.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini