Share

Profil Leland Stanford, Tokoh yang Dijadikan Nama Universitas Stanford

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 04 Juli 2022 07:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 65 2620998 profil-leland-stanford-tokoh-yang-dijadikan-nama-universitas-stanford-wLeNAKYv0N.jpg Leland Stanford bersama istrinya Jane dan putranya. (Foto: Standford.edu)

JAKARTA - Universitas Stanford yang terletak di California, Amerika Serikat merupakan salah satu kampus terbaik di dunia. Dari Universitas Standford ini, telah lahir para tokoh-tokoh terkemuka.

Di balik kepopulerannya, Universitas Stanford mempunyai sejarah yang unik. Melansir stanford.edu, Universitas Stanford didirikan pada 1885 oleh senator California Leland Stanford dan sang istri, Jane.

Tujuannya, untuk mempromosikan kesejahteraan publik dengan menggunakan pengaruh atas nama kemanusiaan serta peradaban. Pasangan ini kehilangan putra semata wayangnya, Leland Jr, yang meninggal karena sakit tipus pada 1884.

Kemudian, Leland dan Jane memutuskan untuk membangun sebuah universitas sebagai bentuk peringatan. Leland Stanford Junior University adalah nama resmi terdahulu universitas ini, yang dibuka pada 1 Oktober 1891.

Mengutip dari Britanica, Leland Stanford lahir di Watervliet, New York, Amerika Serikat pada 9 Maret 1824. Ia merupakan senator dari California dan salah satu pembangun rel kereta api lintas benua pertama Amerika Serikat. Stanford pernah berpraktik hukum di Port Washington, Wisconsin, pada 1848-1852 sebelum pindah ke Sacramento, California.

Stanford juga aktif dalam dunia politik. Ia pernah menjabat sebagai gubernur California pada 1862-1863. Stanford banyak berinvestasi dalam rencana untuk membangun jalur kereta api lintas benua. Ketika Central Pacific Railroad diselenggarakan pada 1861, ia menjadi presidennya.

Tak hanya itu, Stanford juga memainkan peran utama dalam pengembangan kereta api di California dan Barat Daya. Pada 21 Juni 1893, Stanford meninggal dunia di Palo Alto, California, Amerika Serikat.

Diolah dari berbagai sumber:

Tika Vidya Utami-Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini