Share

10 Kampus Terbaik di Indonesia Versi QS World University Rankings

Natalia Bulan, Okezone · Kamis 09 Juni 2022 08:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 09 65 2608294 10-kampus-terbaik-di-indonesia-versi-qs-world-university-rankings-6zArbbRxzQ.jpg 10 Kampus terbaik di Indonesia versi QS World University Rankings/Okezone

 JAKARTA - Berikut ini adalah 10 kampus terbaik di Indonesia versi QS World University Rankings.

QS World University Rankings tahun ini mencakup hampir 1.500 institusi dari seluruh dunia.

Bukan hanya institusi ikonik yang menempati posisi teratas, peringkat tertinggi tahun ini mencakup universitas dari berbagai lokasi di Eropa, Asia, dan Amerika Utara.

Pemeringkatan QS World University berdasarkan reputasi akademik hingga jumlah siswa internasional yang terdaftar.

Lalu apa saja kampus terbaik di Indonesia menurut versi QS World University Rankings?

Mengutip dari laman Top Universities, simak selengkapnya di sini!

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah universitas riset liga ivy publik Indonesia yang berlokasi di Yogyakarta, Indonesia, didirikan pada 19 Desember 1949.

UGM adalah lembaga tertua dan terbesar dari pendidikan di Indonesia yang memiliki 18 fakultas, 68 program studi sarjana, 23 program studi diploma, 104 program studi master dan spesialis, dan 43 program studi Doktor.

Memiliki sekitar 55.000 mahasiswa, 1.187 mahasiswa asing dan 2.500 anggota fakultas saat ini. UGM telah dianggap sebagai salah satu universitas paling bergengsi di Indonesia.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB), didirikan pada tanggal 2 Maret 1959.

Kampus utama ITB yang sekarang adalah tempat berdirinya sekolah-sekolah teknik sebelumnya di Indonesia.

Meskipun lembaga pendidikan tinggi ini memiliki karakteristik dan misi masing-masing, mereka meninggalkan pengaruhnya terhadap perkembangan yang mengarah pada berdirinya ITB.

 

3. Universitas Indonesia (UI)

Menjadi universitas negeri tertua di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 160 tahun di bidang pendidikan, Universitas Indonesia memiliki peran penting dan berpengaruh bagi pembangunan bangsa yang berkelanjutan dengan berkomitmen pada pendidikan dan penelitian.

Sejak penegasan berdirinya pada tahun 1950, UI terus tumbuh dan berkembang.

Dalam beberapa tahun terakhir, Universitas Indonesia memulai reformasi yang signifikan untuk memperjuangkan pendidikan yang unggul berwawasan global, menarik lebih dari 30.000 mahasiswa Indonesia dan internasional sejalan dengan misi universitas untuk menjadi universitas riset kelas dunia.

4. Universitas Airlangga (Unair)

Program Pascasarjana Universitas Airlangga telah berdiri sejak 10 November 1954.

Promosi untuk mendapatkan gelar doktor pertama kali diadakan pada tahun 1959.

Dengan demikian, pada tahun 1959 hingga tahun 1976 Universitas Airlangga telah menghasilkan sepuluh orang doktor.

Pada waktu itu, gratis Program tersebut digunakan untuk mendapatkan gelar doktor.

Sejak tahun 1975, Menteri Akademik dan Kebudayaan telah merumuskan kebijakan dasar pengembangan Perguruan Tinggi.

5. Institut Pertanian Bogor (IPB)

 

Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakan institusi pendidikan tinggi yang menghasilkan inovasi-inovasi yang diakui secara nasional maupun internasional.

Selama 10 tahun berturut-turut (2008-2018), IPB menjadi universitas nomor satu di Indonesia dalam hal menghasilkan inovasi terbanyak di tanah air.

Pencapaian ini dinilai Pusat Inovasi Bisnis Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI dengan penghargaan Indonesia's Most Prospective Innovation.

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merupakan universitas terkemuka di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Didirikan pada tahun 1960 di Surabaya, Indonesia, ITS bertujuan untuk menjadi universitas kelas dunia yang berkontribusi pada kemandirian bangsa dan menjadi referensi dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta pengembangan inovasi, terutama yang mendukung industri. dan sektor maritim.

7. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Universitas Padjadjaran (UNPAD), didirikan pada tahun 1957, terletak di Bandung, ibu kota provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Awalnya, universitas hanya memiliki empat fakultas: Hukum, Ekonomi, Kedokteran dan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, tetapi pengajaran sekarang tersedia dalam cakupan mata pelajaran yang jauh lebih luas.

8. Universitas Diponegoro (Undip)

UNDIP adalah universitas terkemuka di Indonesia dengan fokus yang kuat pada pekerjaan interdisipliner di bidang Teknik dan Teknologi, Sains, Kedokteran, Hukum, Ekonomi.

Program Pascasarjana Undip memiliki 8 Program Doktor dan 28 Program Magister.

9. Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya (UB) terletak di kota Malang, provinsi Jawa Timur, Indonesia.

UB diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 5 Januari 1963.

Terdapat 11 fakultas dan 1 program studi yang diselenggarakan di UB.

Visi: Menjadi perguruan tinggi yang unggul dan berperan aktif sebagai agen perubahan bagi masyarakat melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang memenuhi standar nasional dan internasional.

Misi: Menyelenggarakan proses belajar-mengajar yang profesional.

10. Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Universitas Bina Nusantara (BINUS) adalah institusi pendidikan tinggi swasta terkemuka yang menawarkan program studi berstandar internasional baik di tingkat sarjana maupun pascasarjana.

Awalnya didirikan sebagai penyedia pelatihan kejuruan yang berfokus pada sistem komputer dan informatika, BINUS telah berkembang untuk menawarkan berbagai program kepada siswanya di 10 kampus.

BINUS, resmi didirikan pada tahun 1996, merupakan bagian dari BINUS Foundation sejak tahun 1974.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini