Share

10 Kampus Terbaik di Dunia Versi QS World University Rankings

Natalia Bulan, Okezone · Kamis 09 Juni 2022 08:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 09 65 2608285 10-kampus-terbaik-di-dunia-versi-qs-world-university-rankings-bV0nOVfMtt.jpg 10 Kampus terbaik di dunia versi QS World University Rankings/Reuters

JAKARTA - Berikut ini adalah 10 kampus terbaik di dunia versi QS World University Rankings.

QS World University Rankings tahun ini mencakup hampir 1500 institusi dari seluruh dunia.

Bukan hanya institusi ikonik yang menempati posisi teratas, peringkat tertinggi tahun ini mencakup universitas dari berbagai lokasi di Eropa, Asia, dan Amerika Utara.

Pemeringkatan QS World University berdasarkan reputasi akademik hingga jumlah siswa internasional yang terdaftar.

Lalu apa saja kampus terbaik di dunia menurut versi QS World University Rankings?

Mengutip dari laman Top Universities, simak selengkapnya di sini!

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Massachusetts Institute of Technology (MIT) didirikan pada tahun 1861 dan awalnya hanyala sebuah komunitas kecil pemecah masalah dan pencinta sains yang ingin membaw pengetahuan mereka ke dunia.

Saat ini, MIT telah berkembang menjadi raksasa pendidikan dengan sekitar 1.000 anggota fakultas dan lebih dari 11.000 mahasiswa sarjana dan pascasarjana.

2. University of Cambridge

Didirikan pada tahun 1209, sejarah 800 tahun Univeristy of Cambridge menjadikannya universitas tertua keempat di dunia dan universitas tertua kedua di dunia berbahasa Inggris,

Mahasiswa Cambridge merupakan 20% dari populasi kota dan sebagian besar perguruan tinggi yang lebih tua terletak di dekat pusat kota.

Cambridge secara luas diakui sebagai tempat yang bersemangat untuk menjadi mahasiswa. Di sisi akademik, universitas adalah rumah bagi lebih dari 100 perpustakaan, yang menampung lebih dari 15 juta buku secara total.

3. Stanford University

Stanfor University terletak di jantung Sillicon Valley, California Utara yang juga merupakan rumah bagi Yahoo, Google, Hewlett-Packard, dan banyak perusahaan teknologi mutakhir lainnya yang didirikan oleh dan terus dipimpin oleh alumni dan fakultas Stanford.

Dijuluki "pabrik miliarder", dikatakan bahwa jika lulusan Stanford membentuk negara mereka sendiri, negara itu akan membanggakan salah satu dari sepuluh ekonomi terbesar di dunia.

4. University of Oxford

University of Oxford adalah universitas tertua di dunia berbahasa Inggris, dan sebenarnya sangat kuno sehingga tanggal pendiriannya tidak diketahui – meskipun diperkirakan bahwa pengajaran berlangsung di sana pada awal abad ke-11.

Total ada 22.000 mahasiswa di Oxford, sekitar setengahnya adalah mahasiswa sarjana, sementara 40%-nya adalah mahasiswa internasional. Seperempat penduduk kota Oxford adalah pelajar, menjadikan kota ini penduduk termuda di Inggris.

5. Harvard University

Didirikan pada tahun 1636, Harvard adalah lembaga pendidikan tinggi tertua di Amerika Serikat, dan secara luas dianggap dalam hal pengaruh, reputasi, dan silsilah akademiknya sebagai universitas terkemuka tidak hanya di AS tetapi juga dunia.

Hanya elit akademik yang dapat mengklaim tempat di Harvard, dan biaya kuliah nominal tinggi – meskipun dana abadi universitas sedemikian rupa sehingga dapat menawarkan paket bantuan keuangan yang murah hati, yang dimanfaatkan oleh sekitar 60% siswa.

6. California Institute of Technology (Caltech)

Institut Teknologi California (Caltech) adalah lembaga penelitian dan pendidikan sains dan teknik yang terkenal di dunia, terletak di Pasadena, California, sekitar 11 mil timur laut dari pusat kota Los Angeles.

Caltech memiliki hasil penelitian yang tinggi serta banyak fasilitas berkualitas tinggi seperti Jet Propulsion Laboratory (dimiliki oleh NASA), Caltech Seismological Laboratory, dan International Observatory Network.

Itu adalah salah satu dari sekelompok kecil institut teknologi di Amerika Serikat yang terutama dikhususkan untuk mengajar seni teknis dan ilmu terapan, dan proses penerimaannya yang sangat kompetitif memastikan hanya sejumlah kecil siswa paling berbakat yang diterima.

7. Imperial College London

Imperial College London adalah institusi unik di Inggris, yang hanya berfokus pada sains, teknik, kedokteran, dan bisnis.

Imperial menawarkan pendidikan yang dipimpin oleh penelitian, memaparkan mahasiswa pada tantangan dunia nyata tanpa jawaban yang mudah, pengajaran yang membuka segalanya untuk pertanyaan dan peluang untuk bekerja di tim multi-budaya dan multi-nasional.


8. UCL

UCL berada di jantung salah satu kota paling dinamis di dunia, artinya berada di tempat yang tepat untuk memanfaatkan semua yang ditawarkan London.

UCL adalah universitas pertama di Inggris yang menerima wanita untuk pendidikan universitas, dan universitas pertama di Inggris yang menerima siswa dari agama atau latar belakang sosial apa pun.

UCL memiliki 18.000 siswa dari luar Inggris, dengan lebih dari 150 negara terwakili, memberikan perspektif yang benar-benar global.

9. ETH Zurich

ETH Zurich adalah salah satu universitas terkemuka di dunia dalam sains dan teknologi dan dikenal dengan penelitian dan inovasi mutakhirnya.

Didirikan pada tahun 1855 sebagai Sekolah Politeknik Federal Swiss, dan satu setengah abad kemudian universitas dapat menghitung 21 pemenang Nobel, 2 Peraih Medali Bidang, 3 pemenang Hadiah Pritzker, dan 1 pemenang Penghargaan Turing sebagai alumni, termasuk Albert Einstein sendiri.

Universitas, yang secara resmi disebut Swiss Federal Institute of Technology Zurich dalam bahasa Inggris, memiliki 16 departemen yang menawarkan pendidikan akademik dan melakukan penelitian ilmiah dalam mata pelajaran mulai dari teknik dan arsitektur hingga kimia dan fisika.

10. University of Chicago

Didirikan pada tahun 1856, University of Chicago adalah universitas riset swasta yang berbasis di pusat kota Chicago, kota terpadat ketiga di Amerika Serikat. Di luar Ivy League, Chicago adalah salah satu universitas top Amerika, dan memegang posisi 10 besar di berbagai peringkat nasional dan internasional.

Di luar seni dan sains, Chicago memiliki reputasi cemerlang untuk sekolah-sekolah profesionalnya, termasuk Sekolah Kedokteran Pritzker, Sekolah Bisnis Booth, dan Sekolah Studi Kebijakan Publik Harris.

Alumni University of Chicago bertanggung jawab atas pengembangan banyak disiplin ilmu, seperti sosiologi, ekonomi, hukum, dan kritik sastra.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini