Share

Mengapa Diperlukan Norma Agama dan Susila dalam Masyarakat?

Natalia Bulan, Okezone · Rabu 25 Mei 2022 07:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 624 2598900 mengapa-diperlukan-norma-agama-dan-susila-dalam-masyarakat-2FSljroFee.jpg Ilustrasi/Pixabay

JAKARTA - Dalam kehidupan sehari-hari, mungkin kerap kali kita bertanya, mengapa diperlukan norma agama dan susila dalam masyarakat?

Seperti yang diketahui, norma adalah aturan yang menjadi pedoman perilaku yang sudah ada dalam suatu kekompok masyarakat dan memiliki batasan wilayah tertentu.

Norma sendiri memiliki beberapa tujuan seperti mengatur perbuatan dan perilaku seseorang, menjamin kepentingan, hak, dan kewajiban seseorang, kemudian menjamin terwujudnya keadilan dan kejujuran bagi setiap orang, dan menanamkan perilaku atau akhlak yang baik kepada setiap orang.

Lalu mengapa norma agama dan susila sangat dibutuhkan dalam masyarakat?

Adanya norma sendiri supaya terciptanya tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang tertib, aman, rukun, dan damai.

Sementara norma agama adalah peraturan hidup yang harus diterima manusia sebagai perintah-perintah, larangan-larangan, dan ajaran-ajaran yang berasal dari Tuhan.

Sumber norma agama pun berasal dari kitab suci masing-masing agama.

Norma agama sangat dibutuhkan karena menjadi pedoman perilaku para penganutnya, karena norma agama mengajarkan bagaimana seharusnya sesama manusia saling berhubungan.

Sementara norma kesusilaan adalah peraturan hidup yang berasal dari suara hati sanubari manusia.

Sanksi pelanggaran norma kesusilaan adalah pelanggaran perasaan berakibat penyesalan.

Norma kesusilaan juga dimiliki tiap individu, pasalnya jika tidak memilikinya, individu akan dengan mudah bertindak semena-mena tanpa adanya perasaan bersalah yang akan menghantuinya.

Jadi penjelasan di atas inilah yang membuat mengapa norma agama dan kesusilaan sangat penting untuk ada di masyarakat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini