Share

5 Negara di Asia yang Cocok untuk Dijadikan Tempat Kuliah, Mana Saja?

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 24 April 2022 13:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 20 65 2582124 5-negara-di-asia-yang-cocok-untuk-dijadikan-tempat-kuliah-mana-saja-pY4rcygu6W.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Untuk kamu yang ingin kuliah di luar negeri namun tidak terlalu jauh dari Tanah Air, dapat kuliah di perguruan tinggi di Asia. Kualitas pendidikan di Asia tidak kalah bagus dengan kualitas pendidikan di Eropa. Jurusan yang ditawarkan di Asia pun cukup beragam. Berikut daftarnya.

Jepang

Jepang merupakan salah satu negara di Asia yang dapat dijadikan untuk tempat kuliah. Negeri Sakura ini menyediakan pengalaman untuk belajar. Pengalaman belajar di Jepang ini dikelilingi oleh sejarah, tradisi serta budaya yang tentunya disertai dengan kemajuan teknologi.

Universitas Osaka, Universitas Kyoto, serta Universitas Tokyo merupakan perguruan tinggi terkemuka yang menjadi impian mahasiswa untuk menempuh pendidikannya.

China

Negara di Asia berikutnya yang cocok untuk dijadikan tempat kuliah adalah China. China dinilai tepat untuk mahasiswa yang menginginkan kualitas pengajaran terbaik serta berorientasi pada karier. Di China, banyak perguruan tinggi yang menawarkan pendidikan dengan kualitas terbaik.

Dengan kuliah di China, tak hanya mendapat pendidikan yang berkualitas, namun juga memperoleh pemahaman mengenai China. Selain itu juga berkesempatan untuk mengasah kemampuan bahasa Mandarin. Universitas Peking, Universitas Tsinghua, Universitas Fudan adalah universitas terkemuka yang ada di China.

Korea Selatan

Negara yang dikenal dengan Korean Pop (Kpop) ini mempunyai kurikulum pendidikan yang baik. Mahasiwa serta pengajar di negara ini sama-sama berorientasi pada pencapaian yang berkualitas tinggi. Seoul National University atau SNU merupakan salah satu universitas terkemuka di Korea Selatan.

Universitas ini dianggap sebagai perguruan tinggi prestisius di Korea Selatan. Selain itu, masih ada beberapa universitas yang dapat dijadikan untuk tempat kuliah. Mulai dari Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), Universitas Korea hingga Universitas Yonsei.

Malaysia

Negeri Jiran ini dapat dijadikan tempat untuk kuliah. Malaysia mempunyai daya tarik sendiri untuk mahasiswa. Malaysia dikenal dengan biaya studi yang terjangkau. Selain itu, kondisi ekonomi dan politik yang cukup stabil juga membuat perguruan tinggi di Malaysia diburu.

Sejumlah perguruan tinggi di Malaysia bahkan masuk pemeringkatan terbaik di dunia, antara lain Universitas Malaya, Universitas Teknologi Petronas hingga Universiti Kebangsaan Malaysia.

Singapura

Perpaduan lifestyle Barat dan Timur di negara ini menjadi daya tarik bagi mahasiswa. Pendidikan di Singapura memang dikenal dengan kualitas yang tinggi. Perguruan tinggi yang terkenal di Singapura antara lain National University of Singapore (NUS), Nanyang Technological University (NTU), Singapore Management University.

Singapura dapat menjadi tempat belajar para mahasiswa dan para pekerja. Hal ini lantaran upah yang menggiurkan, kondisi kerja yang superior, hingga ekonomi yang cukup stabil.

Diolah dari berbagai sumber:

Tika Vidya Utami/Litbang MPI

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini