Share

Kuliah Sambil Pacaran? Kenali 5 Tanda Hubungan yang Tidak Sehat

Agregasi Satupersen, · Rabu 30 Maret 2022 19:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 30 65 2570236 kuliah-sambil-pacaran-kenali-5-tanda-hubungan-yang-tidak-sehat-vrRncENpT2.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Untuk sebagian orang, kuliah merupakan pengalaman baru yang menyenangkan. Kamu bisa bertemu orang baru dengan berbagai latar belakang. Tidak menutup kemungkinan kamu pun menyukai teman atau kenalan yang ada di kampus.

Saat masih SMA, mungkin orang tua kamu melarang kamu berpacaran. Barangkali mereka menganggapmu belum dewasa sehingga takut kamu mengambil jalan yang salah. Maka, saat memasuki dunia perkuliahan kamu merasa sudah lebih dewasa. Pada akhirnya, kamu tertarik untuk kuliah sambil pacaran.

Akan tetapi, risiko kuliah sambil pacaran itu tetap ada loh meskipun kamu merasa sudah dewasa. Meskipun pada awal menjalin hubungan, kamu mungkin merasakan euforia. Kamu merasa begitu bahagia karena bisa memiliki si dia. Terlebih lagi, kamu sangat mencintai pasanganmu dan begitu pula sebaliknya.

Tanda Kuliah Sambil Pacaran yang Tidak Sehat

Cinta saja tidak cukup untuk membangun hubungan yang sehat. Jika kuliah sambil pacaran yang kalian jalin tidak sehat, performa akademik bisa terganggu. Kamu tidak mau IPK kamu hancur, bukan?

Oleh karena itu, kamu perlu mengenal tanda-tanda pacaran yang tidak sehat. Dengan begitu, kamu bisa paham kapan hubunganmu dengan pasangan bermasalah, perlu diperbaiki, atau bahkan diakhiri.

Kamu merasa bersalah tanpa tahu penyebabnya

Apakah pasanganmu sering membuat kamu merasa bersalah? Namun, sejatinya kamu sendiri tidak melakukan kesalahan dan tidak tahu di mana letak kesalahanmu. Kemudian, pada akhirnya kalian bertengkar. Mungkin juga kamu mengalah dan memilih minta maaf untuk menghindari pertengkaran. Apakah kamu mengalami kondisi ini saat kuliah sambil pacaran?

Merasa cemburu berlebihan

Cemburu merupakan bentuk kepedulian, asalkan masih dalam batas wajar. Akan tetapi, jika kamu atau pasangan merasa cemburu berlebihan, bisa jadi kalian memiliki hubungan yang tidak sehat. Cemburu berlebihan bisa jadi tanda bahwa kamu atau pasangan tidak lagi saling percaya sepenuhnya.

Apakah pasangan kamu sering cemburu berlebihan sampai membatasi interaksi kamu dengan lawan jenis? Misalnya saat sedang kerja kelompok dengan teman lawan jenis, pasanganmu menelpon terus-menerus karena takut kamu berpaling darinya.

Atau mungkin pasangan kamu bahkan membatasi kamu boleh hangout dengan siapa. Imbasnya kehidupan sosial kamu menjadi berantakan karena hubungan kamu dengan teman-teman kamu menjadi renggang.

Privasimu dilanggar

Jika kamu kuliah sambil pacaran, apakah pasangan kamu selalu curiga dengan siapa saja kamu berkirim pesan? Atau, hal apa saja yang kamu bicarakan dengan seseorang dalam pesan tersebut?

Kamu mungkin merasa terganggu dengan hal tersebut. Pasangan kamu selalu curiga padahal pada kenyataannya kamu berkirim pesan biasa dengan teman atau anggota keluarga. Namun, entah mengapa pasangan kamu tetap curiga bahkan saat kamu sudah menjelaskannya.

Bisa jadi kamu pun merasa terganggu karena pasanganmu bahkan meminta kode ponsel kamu dan mengecek semua akun media sosial yang kamu miliki. Tanyakan pada diri sendiri, apakah kamu nyaman dengan perlakuan tersebut? Apakah perilaku pasangan kamu tersebut melanggar privasi kamu?

Selalu kamu yang harus meminta maaf

Tanda lainnya dari hubungan yang tidak sehat saat kamu kuliah sambil pacaran adalah kamu sering putus nyambung dengan pasangan. Hubungan yang putus nyambung bisa menguras emosi kedua pihak yang terlibat dan sangat melelahkan.

Padahal kamu masih harus mengerjakan hal lain supaya aspek akademik kamu tidak bermasalah. Tapi, jika kamu selalu putus nyambung dengan pasangan, fokusmu akan terpecah. Apalagi jika kamu selalu menjadi pihak yang harus meminta maaf supaya kalian bisa menjalin hubungan kembali.

Kamu kehilangan rasa percaya diri

Hubungan yang baik adalah yang bisa membuat kamu berkembang menjadi orang yang lebih baik, salah satunya lebih percaya diri. Jadi, coba ingat lagi apakah kamu merasa bahwa pasanganmu selalu mendukung kamu melakukan hal-hal yang bermanfaat? Atau justru, pasanganmu sering memandang rendah pendapat, ide, atau pencapaianmu sehingga kamu kehilangan rasa percaya diri?

Itu lah lima tanda hubungan yang tidak sehat. Apabila kamu kuliah sambil pacaran, idealnya kamu harus segera keluar dari suatu hubungan apabila sudah mengalami tanda-tanda di atas. Jangan sampai aspek akademik dan sosial kamu terganggu karena berpacaran dengan tidak sehat yaa. (Restu Lestari Wulan Utami) 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini