Share

Bingung Lanjut Kuliah ke S1 Atau D4?, Simak Perbedaannya

Tim Okezone, Okezone · Kamis 24 Februari 2022 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 24 65 2552537 bingung-lanjut-kuliah-ke-s1-atau-d4-simak-perbedaannya-yKHrArEKUx.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya terkadang menjadi sebuah babak yang membingungkan bagi para siswa yang lulus dari SMA. Tidak hanya harus memilih jurusan apa yang akan diambil, para siswa terkadang juga bingung masih kesulitan memilih apakah akan melanjutkan pendidikan ke program studi S1 atau D4 (S1 Terapan).

Meski keduanya ditempuh dalam waktu empat tahun, program S1 dan D4 memiliki perbedaan pada materi dan mata kuliahnya.

Pada program S1 materi kuliah condong kepada teori, dengan perbandingan 60% teori dan 40% praktik. Sebaliknya, pada program D4 atau S1 Terapan, praktik-lah yang lebih diutamakan dengan perbandingan 60% praktik dan 40% teori. 

Karena itu, bagi siswa yang lebih senang menganalisis masalah, program S1 mungkin merupakan pilihan yang tepat. Sementara jika lebih suka turun ke lapangan untuk memecahkan masalah program D4 merupakan alternatif yang baik.

Lalu seperti apa program studi dan jurusan, metode kelulusan hingga prospek kerja kedua jenjang tersebut? Simak informasinya berikut ini melansir dari laman Ruangguru di ruangguru.com.

Program Studi dan Jurusan 

D4 memiliki rumpun program studi dan jurusan menarik yang bisa dipelajari layaknya S1. Contoh jurusan D4 antara lain: Manajemen Produksi Media, Bisnis Kreatif, Teknologi Rekayasa Bangunan Sipil, Akuntansi Sektor Publik, Bahasa dan Kebudayaan Tiongkok, serta pilihan jurusan lain yang sejalan dengan minat dan bakat.

Metode Kelulusan Sesuai dengan kurikulum yang dipelajari di perkuliahan, kedua jenjang studi ini memiliki aturan yang berbeda dalam pengumpulan tugas akhir mahasiswanya.

Skripsi diperuntukkan bagi mahasiswa S1, sementara D4 wajib membuat tugas akhir (TA). Nah, apa sih perbedaan skripsi dan TA itu? Skripsi mewajibkan mahasiswa untuk menggali, menganalisis dan memecahkan fenomena yang ada di masyarakat berdasarkan teori yang telah dipelajari.

Sedangkan TA mengharuskan mahasiswa untuk membuat karya atau memecahkan masalah yang ada di perusahaan sesuai dengan skill yang mereka latih di bangku perkuliahan.

Gelar Kelulusan 

S1 memperoleh gelar Sarjana Ilmu sesuai program studi yang diambil, misalnya Sarjana Ilmu Pendidikan (S.Pd), Sarjana Ilmu Komunikasi (S.IKom), atau Sarjana Ilmu Ekonomi (S.E). Mahasiswa D4 juga meraih gelar Sarjana dengan kata Terapan di tengah gelar. Misalnya (S.Tr.T) yang berarti Sarjana Terapan Teknik, (S.Tr.P) untuk Sarjana Terapan Pariwisata.

Studi Lanjutan 

Lulusan S1 bisa melanjutkan ke jenjang Magister atau yang lebih dikenal dengan sebutan S2. Begitupun mahasiswa D4 dapat melanjutkan studi ke jenjang Spesialis 1 (SP 1) atau Magister biasa dengan ketentuan yang ada di masing-masing universitas.

Prospek Kerja 

S1 dan D4 memiliki peluang kerja yang sama dengan keunggulan masing masing. Akan tetapi, lulusan D4 lebih diutamakan untuk pekerjaan yang memerlukan portofolio (hasil karya) seperti Teknik, Desain, dan sebagainya. 

Namun jangan cemas, kalian boleh melamar kerja dengan persyaratan S1 meskipun kamu lulus dengan gelar STr, begitupun sebaliknya.

Bahkan, seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dan pegawai BUMN pun sudah menerima mahasiswa lulusan D4. Semuanya bergantung kepada kebijakan tiap perusahaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini