Share

Beasiswa-Beasiswa dengan Nama Tokoh, dari Ainun Habibie hingga Bill Gates

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 23 Januari 2022 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 20 65 2535036 beasiswa-beasiswa-dengan-nama-tokoh-dari-ainun-habibie-hingga-bill-gates-zHelakczTE.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Beasiswa menjadi satu cara bagi mahasiswa untuk meringankan biaya kuliah. Bahkan, mereka yang membidik kampus-kampus unggulan di luar negeri juga sengaja menempuh jalur beasiswa.

Berikut adalah nama beasiswa yang diambil dari nama tokoh.

Beasiswa Orbit Hasri Ainun Habibie

Yayasan Amal Abadi Beasiswa Orangtua Bimbingan Terpadu Hasri Ainun Habibie menyediakan beasiswa untuk pelajar SMP, SMA/SMK, dan S1. Beasiswa ini merupakan bukti nyata komitmen Hasri Ainun Habibie terhadap masa depan sumber daya manusia di Tanah Air.

Diadakan setiap tahun, penerima beasiswa akan menerima bantuan dana sebesar Rp400 ribu (untuk pelajar SMP, SMA/SMK). Sementara itu, mahasiswa akan menerima dana Rp750 ribu per bulan selama 2 semester. Beasiswa ini berfokus pada pelajar atau mahasiswa yang kurang mampu.

Baca juga: Inovatif! ITS Kembangkan Alat Monitoring Jantung Jarak Jauh


Baca juga:  Nilai Rata-Rata Rapor SNMPTN UNJ, Silakan Dicek!

 

Gates Cambridge Scholarship

Pemilik Microsoft Bill Gates menyediakan beasiswa bernama ‘Gates Cambridge Scholarship’ bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke Universitas Cambridge, Inggris. Namun, beasiswa ini hanya bisa diperebutkan bagi mahasiswa S2 dan S3 dengan berbagai jurusan.

Dalam setahun, ada 80 kandidat yang terpilih menerima beasiswa ini. Komposisinya adalah 55 mahasiswa internasional (termasuk Indonesia), dan sisanya diprioritaskan bagi mahasiswa AS. Penerima beasiswa tak perlu pusing, sebab Gates Cambridge Scholarship akan menanggung penuh biaya kuliah dan tunjangan pemeliharaan hingga Rp351 juta per tahun.

Fasilitas lain yang juga akan diberikan adalah biaya hidup selama setahun, tiket pesawat saat pulang dan pergi, biaya layanan kesehatan, biaya visa, serta dana tambahan lainnya.

Obama Foundation Scholars

Program beasiswa dari yayasan milik Barack Obama, Obama Foundation, ini diadakan di Colombia University dan University of Chicago. Sebagai pelaksana, Obama Foundation akan menyelipkan kurikulum tentang kepemimpinan, pengembangan aktivitas, dan jaringan bagi para penerima beasiswa.

Diharapkan, generasi muda cendekiawan yang unggul akan terbentuk melalui program ini. Bagi penerima beasiswa, beragam fasilitas akan didapat. Contohnya adalah biaya hidup selama di New York, tempat tinggal di apartemen, biaya kuliah dan biaya perjalanan dari dan ke negara asal.

Obama Foundation Scholars

Program beasiswa dari yayasan milik Barack Obama, Obama Foundation, ini diadakan di Colombia University dan University of Chicago. Sebagai pelaksana, Obama Foundation akan menyelipkan kurikulum tentang kepemimpinan, pengembangan aktivitas, dan jaringan bagi para penerima beasiswa. Diharapkan, generasi muda cendekiawan yang unggul akan terbentuk melalui program ini. Bagi penerima beasiswa, beragam fasilitas akan didapat. Contohnya adalah biaya hidup selama di New York, tempat tinggal di apartemen, biaya kuliah dan biaya perjalanan dari dan ke negara asal.

*diolah dari berbagai sumber

Ajeng Wirachmi/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini