Share

UNS Tambah Jumlah Guru Besar, Rektor: Kado Istimewa Akhir Tahun

Tim Okezone, Okezone · Kamis 30 Desember 2021 14:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 30 65 2524973 uns-tambah-jumlah-guru-besar-rektor-kado-istimewa-akhir-tahun-T7jAA66Jzx.jpg UNS kukuhkan guru besar baru (Foto: Humas UNS)

SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memperoleh kado istimewa diakhir tahun 2021. Kado tersebut yaitu dikukuhkannya guru besar baru di Bidang Ilmu Manajemen Keuangan pada usia yang sangat muda yaitu 37 tahun. Beliau adalah Prof. Irwan Trinugroho, S.E., M.Sc., Ph.D. yang merupakan guru besar ke-19 FEB dan ke-245 UNS.

Acara pengukuhan dilaksanakan secara hybrid yakni luring di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS serta daring melalui aplikasi Zoom Meeting dan disiarankan langsung di akun Youtube UNS.

Dalam sambutannya, Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho mengatakan bangga dengan penambahan guru besar ini.

“Kami patut berbangga karena di penghujung tahun 2021, UNS menerima kado istimewa berupa penambahan seorang guru besar. Setidaknya, penambahan guru besar ini menunjukkan komitmen dan kesungguhan UNS untuk terus menerus berusaha memenuhi jumlah ideal guru besarnya,” kata Prof. Jamal.

Lebih lanjut, Prof. Jamal berharap agar para guru besar di UNS memiliki beberapa kebiasaan yang memiliki dampak di lingkungan masyarakat.

Baca juga: Ciptakan Alat Penyaring Limbah Tahu, Mahasiswa UNS Raih Medali Emas I2ASPO 2021

“Alangkah eloknya jika para guru besar UNS memiliki kebiasaan menggali kajian-kajian ilmu berbasis kearifan lokal, bukan hanya cenderung mengkaji fenomena berdasarkan teori-teori perspektif barat. Terlepas dari semua itu, yang jelas menjadi profesor bukan soal pemenuhan syarat administrasi saja, melainkan produktivitas, kapasitas, wibawa, dan pengaruhnya bagi dunia profesi, dan lingkungan masyarakat,” ungkap Prof. Jamal.

Baca juga: UNS Siap Bantu Penataan Ulang Gunung Kemukus

Saat ini UNS memiliki 207 guru besar aktif dan yang memiliki Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK), 1.855 dosen, 1.921 tenaga kependidikan, dan 44.000 mahasiswa. Prof. Jamal mengatakan bahwa seluruh komponen tersebut merupakan modal dan kekuatan yang dahsyat jika digerakkan untuk membangun masa depan UNS dan mewujudkan kemajuan peradaban bangsa Indonesia.

Prof. Jamal menyampaikan pesan secara khusus kepada Prof. Irwan agar bersedia memfasilitasi akses masuk serta, menjadi jembatan penghubung ke dunia internasional bagi para dosen UNS.

“Kepada Prof. Irwan Trinugroho, guru besar termuda UNS yang saat dikukuhkan hari ini berusia 37 tahun, saya ingin menyampaikan ajakan, agar dengan kekuatan dan luasnya jaringan internasional yang Saudara miliki saat ini, kiranya bersedia memfasilitasi akses masuk dan sekaligus menjadi jembatan penghubung ke dunia internasional bagi para dosen UNS,” ucap Prof. Jamal.

Di akhir sambutan, Prof. Jamal berharap agar Tuhan memberkahi langkah kebaikan yang sedang diusahakan UNS.

“Kepada sejawat guru besar dan seluruh tamu undangan yang telah hadir dan mengikuti acara ini dengan penuh khidmat, saya juga mengucapkan terima kasih, dan mohon maaf jika masih banyak kekurangan dalam penyelenggaraan acara ini. Semoga Allah subhanahu wa ta’ala senantiasa meridai setiap langkah kebaikan kita bersama,” harap Prof. Jamal.

Baca juga: Teliti Alga Merah sebagai Obat Antivirus, Dua Mahasiswa UNS Sabet Juara 3 KTI Nasional

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini