UGM: HPU Diperlukan untuk Pencegahan Gelombang 3 Covid-19 di Kampus

Neneng Zubaidah, MNC Portal · Kamis 09 Desember 2021 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 65 2514270 ugm-hpu-diperlukan-untuk-pencegahan-gelombang-3-covid-19-di-kampus-lMNMdtFMEL.jpg Foto: Illustrasi freepick

JAKARTA - Health Promoting University (HPU) merupakan program pendekatan untuk menciptakan lingkungan kampus yang sehat. Saat ini HPU juga turut serta dalam pencegahan Covid-19 yang ada di dalam lingkungan kampus dengan membentuk perilaku yang sehat.

Terdapat 7 tema utama HPU yaitu aktivitas fisik, pola makan sehat, kesehatan mental, literasi kesehatan, zero tolerance narkoba, tembakau, dan alkohol, zero tolerance kekerasan, perundungan, dan pelecehan, dan pembentukan lingkungan yang sehat, aman, dan disable friendly.

“Kami berusaha untuk menciptakan lingkungan dan budaya yang sehat untuk menciptakan lulusan yang memiliki kesehatan dalam kapasitas intelektual serta didukung oleh medical record yang baik,” ungkap Wakil Ketua Satgas dan HPU UGM serta Komandan PK4L, Arif Nurcahyo melansir laman resmi UGM di ugm.ac.id.

Baca juga:  Lebih dari 400 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Tanah Air hingga Hari Ini

Sementara itu, Dosen FKKMK UGM dan Sekretaris HPU UGM Dr. Supriyati menjelaskan, saat ini UGM terus mengupayakan pengoptimalan capaian tujuan pembelajaran. Untuk pembelajaran bauran di UGM, HPU senantiasa melakukan berbagai upaya pencegahan adanya klaster Covid-19 di lingkungan kampus.

“Kapasitas kelas diatur, ventilasi kelas, vaksinasi, bahkan adanya screening harian, dan adanya pos pembinaan terpadu, dan menciptakan perilaku hidup sivitas akademik yang sehat sehingga memiliki daya tahan tubuh yang baik,” jelas Supriyati.

Baca juga:  RSDC Wisma Atlet Rawat 129 Pasien Covid-19

RSA UGM dalam pelayanan kesehatan didukung penuh oleh Kampus UGM, donatur, hingga Kementerian untuk dapat memberikan layanan Covid-19 ke sivitas kampus dan masyarakat. RSA UGM dalam bidang pendidikan dan penelitian sejak Juni 2020 sudah melakukan pembelajaran praktik tatap muka bagi mahasiswa profesi.

“Kapasitas ruangan, alat, kondisi ruangan sangat kita perhatikan untuk menghindari rute penularan. Jika terdapat paparan RSA UGM juga melakukan koordinasi dengan Satgas Covid-19 dan GMC (Gadjah Mada Medical Center) untuk perlindungan mahasiswa dan tenaga pendidikan,” papar Dermatolog RSA UGM dr. Nurwestu.

Saat ini RSA UGM akan melakukan uji klinik penelitian vaksinasi. Disamping itu, RSA UGM terus melakukan penelitian kolaborasi dengan berbagai pihak.

“Harapannya, jika terjadi Gelombang 3 Covid-19 semua elemen sudah siap dan upaya pencegahan dapat terus dilakukan dalam tingkat nasional hingga regional,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini