Dear Perempuan, Jangan Takut untuk Mencintai Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika

Tim Okezone, Okezone · Selasa 19 Oktober 2021 20:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 19 65 2488798 dear-perempuan-jangan-takut-untuk-mencintai-sains-teknologi-teknik-dan-matematika-WH8Xhdy4Eo.jpg Pendiri dan CEO YCAB Foundation, Veronica (foto: ist)

JAKARTA - Bidang sains, teknologi, teknik dan matematika (STEM) sangat dibutuhkan untuk akselerasi perkembangan teknologi, dan sektor lainnya di Tanah Air. Tapi masih ada tantangan besar untuk mengembangkannya.

Salah satu tantangan adalah pola pikir atau mindset khususnya dari perempuan yang masih keliru melihat bidang STEM.

Pendiri dan CEO YCAB Foundation, Veronica Colondam mengambil data dari hasil riset Women in Investing yang menyatakan, ada tantangan besar karena perempuan kurang tertarik dengan bidang STEM karena kuatnya sentimen dari dominasi laki-laki. Berikutnya ada juga perempuan yang melihat profesi bidang STEM tidak sesuai dengan perempuan.

"Kalau saya pribadi lebih senang bersaing untuk menunjukkan kemampuan perempuan. Jadi masih ada masalah kepercayaan diri yang masih kurang. Kemudian harus jelas arahnya untuk masuk bidang STEM nanti akan kemana. Khususnya potensi jenjang karier yang juga penting untuk dipahami," ujar Veronica dalam webinar Girls Empowerement Through STEM Education di Jakarta, Selasa (19/10/2021).

Baca juga:  Anak Zaman Now Tertarik Bidang STEM, Orangtua Harus Dukung!

Menurutnya, riset tersebut membuktikan masalah terbesarnya adalah pola pikir. Sehingga harus dicari cara mengatasi berbagai batasan dan pengkotak-kotakan yang merupakan warisan pola pikir lampau.

"Jadi STEM itu cara berpikir atau analisis yang harus dielaborasi dalam kehidupan sehari-hari. Jangan STEM itu ditakuti. Karena ini justru menopang akselerasi perkembangan teknologi dan sektor lainnya juga," jelasnya.

YCAB Foundation berkolaborasi dengan Mastercard dalam mengimplementasikan Mastercard Girls4Tech di Indonesia. YCAB Foundation telah mendedikasikan diri untuk meningkatkan taraf kehidupan para remaja perempuan dengan membawa mereka sepenuhnya ke dunia STEM dan menunjukkan ada peluang besar di sini.

"Berinovasi dan memiliki ketangkasan merupakan elemen penting yang diperlukan dalam perubahan di dunia teknologi yang terus berkembang," ujarnya.

Gerakan yang dilakukan antara Mastercard dengan YCAB Foundation tersebut menjadi momen penting demi mendukung pemulihan ekonomi nasional dalam jangka panjang melalui pembangunan sumber daya manusia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini