Share

Begini Alur Kerja di Media Online hingga Berita Dinikmati Pembaca

Mohammad Adrianto S, Okezone · Kamis 30 September 2021 15:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 30 65 2479322 begini-alur-kerja-di-media-online-hingga-berita-dinikmati-pembaca-vbFmLGgq3P.jpg Workshop jurnalistik UNJ dan MNC Portal/ Okezone

JAKARTA โ€“ Pengguna internet saat ini semakin hari semakin meningkat. Indonesia tercatat sebagai negara dengan pengguna internet terbesar keempat di dunia, jumlahnya mencapai hampir 170 juta orang.

(Baca juga:ย ย Edukasi Masyarakat di Era Digital, UNJ dan MNC Portal Gelar Workshop Pekan Jurnalistik)

Oleh karena itu, perkembangan teknologi informasi membawa sebuah perubahan dalam masyarakat. Salah satunya dalam bidang media. Saat ini, keberadaan media online di era digital ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat, apalagi oleh generasi milenial yang tidak lepas gadget.

Media online mempunyai berbagai macam kelebihan dibandingkan dengan media konvensional. Seperti peristiwa atau kejadian di lapangan dapat di upload secara langsung dalam hitungan menit atau detik sehingga bisa cepat diketahui oleh pembaca. Namun tahukah Anda, bagaimana alur kerja media online dalam menyajikan sebuah berita ke khalayak umum?

(Baca juga: Selamat! Mahasiswa UI Raih 2 Medali di Cabor Sepatu Roda PON Papua)

Wakil Pemimpin Redaksi Okezone, Rani Hardjanti, menjelaskan apa saja yang terjadi dalam media online sebelum berita dapat dinikmati oleh pembaca. Hal itu diutarakannya dalam Workshop Pekan Jurnalistik yang digelar Universitas Negeri Jakarta (UNJ)ย dan MNC Portal Indonesia dengan tema "Pers Kreatif di Era Kritis".

Dijelaskan Rani, kegiatan yang harus dilakukan oleh media kali pertama adalah mencari data dan informasi. Kegiatan ini dilakukan oleh reporter.

"Reporter itu bertujuan mengumpulkan data informasi, baik itu lewat wawancara, seminar, webinar, fenomena sosial, maupun media sosial," tutur Rani.

Setelah mengumpulkan informasi, Reporter akan menyerahkan naskah berita ke Asisten Redaktur. Asisten Redaktur bertujuan untuk mengedit naskah dan mengunggah naskah ke portal berita.

Naskah yang sudah diunggah, akan diverifikasi dan dikembangkan oleh Redaktur. Selanjutnya, Redaktur Pelaksana akan menentukan di kanal apa berita tersebut akan dimuat.

Terakhir, Pemimpin Redaksi maupun Wakil Pemimpin Redaksi akan menyesuaikan seluruh berita yang sudah dikumpulkan dengan aturan-aturan redaksi serta rambu-rambu pers.

"Pekerjaan Pemred atau Wapemred nanti akan mengontrol, menegakan peraturan keredaksikan berita-berita yang masuk," jelas Rani.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini