SDM Pertahanan Negara Disiapkan Melalui Universitas Pertahanan

Riezky Maulana, iNews · Kamis 30 September 2021 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 30 65 2479126 sdm-pertahanan-negara-disiapkan-melalui-universitas-pertahanan-pLBE3Hmf3b.jpg Kementerian Pertahanan (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Kementerian Pertahanan (Kemhan) menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) pertahanan negara yang unggul melalui Universitas Pertahanan (Unhan). Hal itu terungkap dalam rapat tingkat menteri yang dilakukan secara virtual di Ruang Sisfohaneg Kemhan, Jakarta Pusat Rabu (29/9/2021).

Adapun rapat tersebut membahas ihwal Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Penyelenggaraan Perguruan Tinggi oleh Kementerian Lain dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian (PTKL).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memimpin rapat yang turut dihadiri oleh Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M. Herindra yang mewakili Menhan Prabowo Subianto.

Kemhan mengatakan, Rektor Unhan Laksdya TNI Amarulla Octavian mengatakan bahwa Kemhan menyetujui ketentuan yang menyatakan Kementerian/ Lembaga tetap menyelenggarakan PTKL atas penugasan Kemdikbudristek sebagaimana dilakukan di tahun-tahun sebelumnya.

Hal itu pun dinilai sejalan dengan Perpres Nomor 5 Tahun 2011 yang menetapkan Unhan sebagai perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah. Dimana secara fungsi teknis akademik akan dibina oleh Kemdikbudristek dan secara teknis fungsional dibina oleh Kemhan sendiri.

"Secara selaras, Kemhan juga menyiapkan sumber Daya Manusia (SDM) Pertahanan Negara yang tidak hanya terbatas pada Komponen Utama yaitu TNI tetapi juga Komponen Cadangan dan Komponen Pendukung," tulis Kemhan melalui keterangan tertulis dikutip, Kamis (30/9/2021).

Kemhan menjelaskan, upaya tersebut pun sebagaimana tertuang dalam dua aturan hukum. Pertama yaitu UU Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara dan kedua UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara (PSDN).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini