Kemdikbudristek: Kampus Merdeka Bekali Mahasiswa dengan Kompetensi

Antara, · Senin 30 Agustus 2021 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 30 65 2463392 kemdikbudristek-kampus-merdeka-bekali-mahasiswa-dengan-kompetensi-dBq81ZnjLa.jpg Foto: illustrasi Okezone

JAKARTA - Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek), Nizam mengatakan Program Kampus Merdeka di perguruan tinggi membekali mahasiswa dengan kompetensi dan pengalaman konkret.

"Kampus Merdeka bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengalaman dan kompetensi yang memang akan terhubung dengan kebutuhan dunia kerja dan dinamika era revolusi industri," kata Nizam.

Baca juga:  49 Mahasiswa Delegasi Pertama IISMA Berangkat ke Irlandia

Kemdikbudristek mendorong penguatan implementasi Kampus Merdeka di perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan sangat dinanti oleh dunia kerja dan masyarakat luas.

Program Kampus Merdeka memberikan peluang bagi mahasiswa untuk dapat mengambil satu semester lintas program studi dan dua semester untuk pembelajaran berbasis pengalaman yang mencakup delapan kegiatan Kampus Merdeka, yaitu pertukaran mahasiswa, magang, mengajar di sekolah, penelitian, proyek kemanusiaan, kewirausahaan mahasiswa, proyek mandiri, dan proyek membangun desa.

Baca juga:  Program Kampus Mengajar: Ketika Siswa SD Dilatih Kemampuan Berpikir Kritis

Dengan delapan kegiatan Kampus Merdeka tersebut, diharapkan dapat menghasilkan sumber daya manusia unggul untuk mewujudkan Indonesia maju yang dicita-citakan bersama.

Pada kesempatan itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri Agus Fatoni mengatakan iklim inovasi di daerah juga perlu didorong untuk mendukung pembangunan daerah yang berbasis riset.

Agus berharap koordinasi dan sinergi riset dari pemerintah pusat ke daerah semakin diperkuat untuk menghasilkan inovasi unggulan, termasuk tentang kebijakan penelitiannya.

Menurut dia, budaya inovasi juga harus didorong agar keunggulan-keunggulan daerah mampu berkembang sesuai dengan potensi terbaik yang dimiliki.

"Inovasi daerah merupakan upaya untuk mencapai tujuan utama penerapan otonomi daerah, yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pelayanan publik, dan daya saing daerah. Sebab, pemerintah daerah memiliki keterbatasan, sehingga perlu didukung melalui penerapan inovasi," pungkasnya. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini