Kemenag Lakukan Perbaikan Pendidikan dan Pelayanan Keagamaan

Widya Michella, MNC Media · Senin 23 Agustus 2021 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 23 65 2459525 kemenag-lakukan-perbaikan-pendidikan-dan-pelayanan-keagamaan-ex5CYCkChF.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) terus berupaya memberikan perbaikan dalam pendidikan dan pelayanan keagamaan, tak terkecuali bagi umat Hindu. Oleh karena itu, Ditjen Bimas Hindu Kemenag khususnya bidang pendidikan keagamaan terus mendukung peningkatan kualitas Kampus Keagamaan Hindu.

"Mudah mudahan pertengahan September akan meresmikan UHN Bagus Sugriwa menuju world class university. Kita juga sedang memproses penegerian Sekolah Tinggi Hindu (STH), dan juga memproses penegerian sekolah sekolah pasraman formal," Dirjen Bimas Hindu, Tri Handoko Seto demikian dikutip pada laman resmi Kemenag, Senin (23/8/2021).

Baca juga:  Pandemi Covid-19, Banyak Siswa Putus Sekolah hingga Memilih Bekerja

Sementara, di bidang pelayanan keagamaan, tahun depan Kemenag merencanakan pembangunan rumah ibadah Hindu berciri khas lokal seperti balai batara di Palangkaraya untuk umat Hindu Dayak, di Fakfak, di Tanah Karo, Toraja, Maluku.

"Tahun depan akan kita bangun itu semua untuk kita memberikan penghormatan dan apresiasi kepada seluruh umat Hindu di Nusantara, karena kita ingin mereka juga berani tampil, semakin percaya diri dan kita akan mewujudkan moderasi beragama yang berkualitas," ujarnya.

Baca juga:  Guru Penggerak Akan Diprioritaskan di Posisi Strategis pada Lembaga Pendidikan

Kemenag juga telah meresmikan Gedung Kantor Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat, di Jakarta. Yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Dirjen Bimas Hindu Tri Handoko Seto dan Ketua Harian Parisada Hindu Dharma Wisnu Bhawa Tenaya.

Dirjen Bimas Hindu yang hadir mewakili Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, berharap Gedung PHDI ini akan menjadi tempat bersama umat Hindu membangun masa yang akan datang.

"Atas nama Menteri Agama saya sampaikan ucapan selamat atas berdirinya gedung kantor Parisada Hindu Dharma Indonesia Pusat, yang telah bethasil menyelesaikan pembangunan gedung ini," kata Tri Handoko.

Gedung PHDI Pusat dibangun dibangun dengan anggaran Rp7,5 miliar. Dari jumlah tersebut Dirjen Bimas Hindu Kemenag memberikan bantuan sebesar Rp4,3 miliar, dari Kementerian BUMN senilai Rp1,5 miliar. Sedangkan sisanya didapat dari para semeton dan organisasi masyarakat Hindu seluruh Indonesia. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini