UI Luncurkan Platform Pembelajaran Daring Makara UI Academy

Neneng Zubaidah, Koran SI · Kamis 19 Agustus 2021 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 19 65 2457663 ui-luncurkan-platform-pembelajaran-daring-makara-ui-academy-MnleBdz74m.jpg foto: istimewa

JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) meluncurkan platform pembelajaran daring Makara UI (MUI) Academy. Ini adalah platform yang dapat membantu mewujudkan akses pendidikan inklusif. MUI Academy ditujukan agar dapat diakses dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja.

MUI Academy adalah produk komersial yang dikemas dalam bentuk video dan platform pembelajaran berbasis web. Produk ini merupakan hasil kerja sama antara PT Daya Makara UI, Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Indonesia (LSP UI), dan PT Iam Edu Networks.

Baca juga:  UI Raih Penghargaan Kompetisi Gas dan Petrokimia Internasional

Dalam kerja sama ini, PT Daya Makara UI berperan dalam penyusunan kurikulum dan materi pembelajaran serta penyediaan trainer, LSP UI sebagai pelaksana proses asesmen sertifikasi berbasis kompetensi dan asesor, dan PT Iam Edu Networks berperan sebagai penyedia platform, multimedia, konten, dan operasional.

Baca juga:  Tinjau Sentra Vaksin di UI, Kapolri : Hilangkan Perbedaan Bersatu Lawan Covid-19!

Saat peresmian platform ini, Plt Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek Prof. Nizam mengatakan, Kemendibudristek menyambut baik kehadiran MUI Academy.

“Dengan adanya MUI Academy, semoga bisa menjadi mata air bagi masyarakat yang ingin terus belajar. Sesungguhnya, kegiatan re-learning, re-skilling, dan unlearning merupakan suatu keniscayaan di era transformasi digital yang menuntut masyarakat untuk terus belajar kecakapan dan kemampuan-kemampuan baru,” katanya melalui siaran pers.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro menyampaikan, MUI Academy adalah bentuk adaptasi UI terhadap perubahan di era transformasi digital yang terjadi pada 3-5 tahun terakhir ini. Program ini juga salah satu perwujudan komitmen UI dalam pelaksanaan program Kampus Merdeka pemerintah.

“Kami bercita-cita MUI Academy dapat menjadi referensi utama dalam pengembangan kapabilitas sumber daya manusia melalui materi berkualitas, sehingga dapat memberikan nilai tambah terbaik dalam membangun insan Indonesia yang berkaliber dan berkarakter,” ujar Prof. Ari.

MUI Academy menawarkan tiga program bagi penggunanya, yaitu program e-learning, uji kompetensi, dan program bundling yang merupakan gabungan dari program e-learning dan uji kompetensi.

Dalam program e-learning peserta akan mendapatkan video pembelajaran, kuis, sesi mentoring dengan trainer, dan e-certificate, sedangkan program uji kompetensi adalah ujian daring yang dapat diikuti oleh masyarakat umum yang sudah mendapat pelatihan cukup terkait bidang profesi yang ia tekuni.

Bila seseorang sudah mengikuti uji kompetensi, maka ia akan mendapatkan sertifikat profesi dari LSP UI yang terlisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Menurut Direktur PT Daya Makara UI Fakhrudin, modul-modul pembelajaran MUI Academy disusun dengan menargetkan segenap lapisan masyarakat, meliputi segmen anak-anak, remaja, pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, pencari kerja, sampai kepada para Pegawai Negeri Sipil.

“Dalam beberapa tahun ke depan sudah direncanakan 48 modul pelatihan bersertifikasi nasional antara lain: Public Relations Officer, Office Executive Administration Assistant, Pemandu Wisata, Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing, Welding Training, dan banyak pelatihan lain sesuai kompetensi yang dimiliki UI,” ujarnya.

Institusi yang bekerja sama juga dapat menyusun modul-modul pelatihan mereka sendiri, yang nantinya akan dieksekusi oleh tim internal MUI Academy.

Saat ini, MUI Academy sedang membuka pendaftaran program bundling bagi program pelatihan Public Relations Officer dan Office Executive Administration Assistant. Pendaftaran untuk kedua program telah dibuka dari tanggal 18 – 31 Agustus 2021. Setelah pendaftaran, kegiatan pembelajaran akan dilaksanakan pada periode 1 September-31 Oktober 2021.

Bagi mereka yang ingin mendaftar untuk mengikuti program sertifikasi nasional dari LSP UI terlisensi BNSP, pendaftaran akan dibuka 1-5 November 2021. Setelahnya Uji Kompetensi akan dilaksanakan pada periode 8-12 November 2021. Semua informasi pendaftaran tersebut dapat diakses pada laman https://lms.makarauiacademy.com/ atau melalui akun Instagram, Twitter, Youtube, dan Facebook Makara UI Academy. (din)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini