Hari Sumpah Pemuda, Mendikbud Nadiem: Dunia Ini Ada di Tanganmu

Maghfira Nursyabila, Okezone · Senin 28 Oktober 2019 13:24 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 28 65 2122605 hari-sumpah-pemuda-mendikbud-nadiem-dunia-ini-ada-di-tanganmu-7r1wSnWRNj.jpg Mendikbud Nadiem Makarim. (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

JAKARTA – Nadiem Makarim menjadi salah satu menteri milenial yang dijadikan menteri pada Kabinet Kerja Indonesia Maju. Kehadiran Nadiem memberi insyarat bahwa peluang bagi generasi muda untuk berkembang dan berkreasi di Indoensia semakin besar.

Hal itu pun dipertegas Nadiem dalam Memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-91. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) dan Pendidikan Tinggi ini memberikan pesan-pesan untuk generasi muda Indonesia.

Baca Juga: KPK : Pemuda Harus Terdepan Berantas Korupsi di Indonesia

"Sebagai menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju, saya berdiri di sini mewakili generasi milenial ke bawah. Kehadiran saya di sini membuka berbagai macam kesempatan untuk generasi berikutnya. Kawan-kawan Pemuda, gerbang kita telah terbuka," ujar Nadiem, seperti yang dikutip dalam Instagram @Kemendikbud.ri, Senin (28/10/2019).

Nadiem Makarim

Tak hanya itu, Nadiem mengaku bahwa banyak yang mempertanyakan kemampuannya dengan tanggung jawab yang besar itu. Menurut Nadiem, waktu lah yang akan menjawab ketika ada yang mempertanyakan apakah bisa memenuhi ekspektasi tinggi masyarakat kepadanya.

Dirinya mengatakan, bahwa saat diberikan kesempatan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membantu generasi berikutnya, dirinya tidak berpikir dua kali dan tetap melangkah ke depan apapun risikonya.

Baca Juga: Hari Sumpah Pemuda, Mahasiswa Banten Minum Air Hitam Sungai Ciujung

"Kawan-kawan pemuda, kita hidup dalam dunia yang bising. Banyak bisikan, banyak godaan, dan banyak pendapat," ujarnya.

Mantan Bos Gojek ini menjelaskan bahwa dia yakin pada pemuda Indonesia tahu ke mana mereka akan melangkah, Tapi karena keterbatasan, banyak yang meragukan dirinya sendiri dan takut gagal.

"Kawan-kawan pemuda, kita hidup dalam dunia yang bising. Banyak bisikan, banyak godaan, dan banyak pendapat. Di dalam kegaduhan ini, sering sekali suara hati kita terabaikan. Saya yakin pemuda Indonesia sadar di hatinya masing-masing ke mana dia ingin melangkah. Tetapi karena kebisingan tersebut, kita meragukan diri kita. Kita takut dipermalukan, kita takut dimusuhi, kita takut gagal," tambahnya.

Tak hanya itu, Nadiem mengatakan satu-satunya kegagalan adalah ketika kita tidak melakukan apapun dan satu-satunya kesuksesan adalah ketika kita bergerak ke depan.

"Kawan-kawan pemuda, satu-satunya kegagalan adalah kalau kita hanya diam di tempat, dan satu-satunya kesuksesan adalah kalau kita terus melangkah ke depan. Kita mungkin tersandung-sandung, kita mungkin jatuh, tapi kita tidak akan di tujuan hati kita kalau kita tidak melangkah bersama," imbuhnya.

Sumpah Pemuda

Yang terakhir, Menteri termuda dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju itu juga berpesan untuk tidak menunggu dunia berubah. Sebab sebenarnya dunia ada di tangan para pemuda asal kita semua berani melangkah.

Postingan ini pun banjir komentar, berikut ini cuplikan komentar para netizen :

@C*k*_*k* : Mantyulll Ayahandaku Bapak Nadiem. Iya bener bapak, sukak dengan quotesnya. Hehe. 👀 Barakallah bapak Nadiem. Semoga bisa amanah mengemban amanh ini. Sekali lagi selamat dan barakallah

@s*b*ll*j*hr**: Salam dari kami korban zonasi

@k**r*sm*v*d* : as menteri, terjun ke sekolah 2 menengah kebawah y. Masuk ke sekolah pelosok ... Semangat

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini